Beragam perlombaan unik akan ramaikan Peda KTNA Kalteng di Kotim

id Beragam perlombaan unik akan ramaikan Peda KTNA Kalteng di Kotim,Pekan daerah,Kontak tani nelayan andalan,Dinas pertanian,Kotawaringin Timur,Kotim,Mad

Beragam perlombaan unik akan ramaikan Peda KTNA Kalteng di Kotim

Kepala Dinas Pertanian Kotawaringin Timur I Made Dikantara. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Berbagai kegiatan digelar dalam Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda KTNA) XII Provinsi Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan di Desa Eka Bahurui Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur pada 7 sampai 13 Juli 2019.

"Persiapan terus dimatangkan. Banyak kegiatan yang akan dilaksanakan terkait pertanian, termasuk di antaranya berbagai lomba menarik," kata Kepala Dinas Pertanian Kotawaringin Timur I Made Dikantara di Sampit, Sabtu.

Peda XII KTNA Provinsi Kalimantan Tengah diikuti peserta dari 13 kabupaten dan satu kota di Kalimantan Tengah. Peserta yang terdaftar sebanyak 750 orang petani KTNA, namun jumlah yang datang nantinya diperkirakan lebih dari 3.000 orang karena disertai pendamping dan undangan.

Berbagai kegiatan akan digelar untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta. Kegiatan ini penting untuk pemerataan peningkatan sektor pertanian di Kalimantan Tengah dengan saling berbagi informasi.

Kegiatan yang akan dilaksanakan di antaranya rembug madya, temu wicara, pemberian penghargaan, pemberian bantuan, pameran dan lomba stan pameran pameran dan gelar agribisnis, lomba asah terampil dan dialog antar generasi.

Selain itu ada pula festival kesenian daerah, temu profesi, temu usaha, temu karya penyuluh, temu karya petani, karya wirausaha petani, karya agroforestri lestari, widyawisata atau studi banding dan temu teknologi lapangan.

Berbagai perlombaan unik juga akan meramaikan Peda KTNA kali ini, seperti lomba bongkar pasang traktor, lomba mengemas bibit ikan, lomba menyadap karet, lomba kupas kelapa, lomba memilih jenis kelamin anak ayam, lomba memipil dan memilih bibit jagung, bola voli, jalan sehat bersama, lari karung putri dan putri.

Peda KTNA XII mengangkat tema mewujudkan Kalimantan Tengah berkah berbasis sumber daya manusia petani nelayan milenial berinovasi teknologi maju dan berwawasan lingkungan. Dari tema tersebut tergambar keinginan kuat pemerintah daerah untuk kembali mengangkat sektor pertanian sebagai andalan dengan mengajak generasi muda untuk menggeluti bidang ini, namun tetap mengutamakan kelestarian lingkungan.

Sementara itu untuk pemantapan persiapan, kemarin telah digelar rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor yang juga Ketua Pelaksana Peda KTNA XII Provinsi Kalimantan Tengah. Rapat yang digelar di Desa Eka Bahurui yang menjadi lokasi kegiatan tersebut mengevaluasi hal apa saja yang perlu dilengkapi agar pelaksanaannya nanti optimal.

Made berharap Kotawaringin Timur bisa menjadi tuan rumah yang baik dan bisa melaksanakan Peda KTNA tersebut dengan lancar dan sukses. Kegiatan ini juga menjadi ajang persiapan bagi Kalimantan Tengah untuk menghadiri Pekan Nasional KTNA di Padang.

"Mudah-mudahan kami bisa menjadi tuan rumah yang baik dan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta. Selain itu, kami berharap juga banyak prestasi yang akan dicapai peserta dari Kotawaringin Timur pada kegiatan nanti," harap Made.

Peda KTNA XII menjadi kegiatan strategis bagi Kotawaringin Timur. Selain berharap bisa menjadi tuan rumah yang baik, agenda rutin tingkat provinsi ini juga menjadi momen bagi pemerintah daerah mengenalkan potensi pariwisata daerah, mulai dari objek wisata, wisata kuliner, wisata belanja, wisata hiburan hingga wisata religi.