Karang Taruna dukung pemprov wujudkan Kalteng Berkah

id Pemprov kalteng, pemerintah provinsi kalimantan tengah, gubernur sugianto sabran, kalteng berkah, karang taruna, abdul hafid, organisasi sosial, penye

Karang Taruna dukung pemprov wujudkan Kalteng Berkah

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama jajaran pengurus Karang Taruna Kalteng di Palangka Raya baru-baru ini. (Foto Istimewa)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Karang Taruna Kalimantan Tengah Abdul Hafid menegaskan, organisasi yang ia pimpin saat ini siap mendukung pemerintah provinsi untuk menyukseskan pembangunan menuju Kalteng yang bermartabat, elok, religius, kuat, amanah dan harmonis (Berkah).

"Kami siap mendukung pemerintah provinsi, khususnya Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, untuk mewujudkan Kalteng Berkah," katanya di Palangka Raya, Senin.

Hal itu Karang Taruna lakukan, dengan menyesuaikan tugas dan fungsinya sebagai salah satu organisasi sosial kemasyarakatan. Pihaknya akan berupaya secara maksimal membantu pemerintah menyelenggarakan pembinaan generasi muda serta kesejahteraan sosial.

Hafid menjelaskan, Karang Taruna yang ada pada setiap tingkatan wilayah, mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan hingga desa dan kelurahan memiliki sejumlah fungsi yang melekat dan wajib dijalankan. Pelaksanaan fungsi inilah yang pihaknya maksimalkan kedepannya.

"Bahkan untuk memantapkan langkah ini, kami baru saja selesai menggelar rapat kerja tahun 2019 dengan melibatkan seluruh perwakilan pengurus yang ada di Kalteng, yakni pada 6-7 Juli 2019," tegasnya.

Baca juga: Optimalisasi peran dan fungsi Karang Taruna dalam pembangunan di Kalteng

Baca juga: Konsistensi Karang Taruna diapresiasi masyarakat Kotim


Sejumlah fungsi yang dimiliki Karang Taruna dan akan dimaksimalkan pelaksanaannya, seperti mencegah timbulnya masalah kesejahteraan sosial utamanya pada generasi muda.

Kemudian membantu pemerintah menyukseskan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang meliputi rehabilitasi, perlindungan, jaminan serta pemberdayaan sosial.

"Juga yang tidak kalah penting dan menjadi salah satu prioritas utama kami, yakni meningkatkan usaha ekonomi produktif di masyarakat," paparnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Karang Taruna merupakan salah satu organisasi yang mengalami perkembangan cukup pesat di Kalteng, terlebih di wilayah perdesaan. Hal itu tidak lepas dari perhatian dan dukungan yang diberikan oleh pemerintah daerah selama ini.

Untuk itu pihaknya berkomitmen, mendukung Pemprov Kalteng menyukseskan pelaksanaan berbagai program dan kegiatan pada bidang sosial, agar memberikan hasil serta manfaat yang bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: Kepala daerah di Kalteng diajak berdayakan Karang Taruna

Baca juga: Gubernur Kalteng raih penghargaan nasional pembina terbaik Karang Taruna