Alasan Jak Lingko lebih pilih angkutan ber-AC

id Jak Lingko,pengemudi angkutan umum kota Jak Lingko,Alasan Jak Lingko lebihh pilih angkutan ber-AC

Alasan Jak Lingko lebih pilih angkutan ber-AC

Armada layanan Jak Lingko dengan 72 unit bus kecil yang beroperasi untuk tiga rute baru yang dibuka Transjakarta. Dokumen Transjakarta

Jakarta (ANTARA) - Beberapa pengemudi angkutan umum kota Jak Lingko lebih memilih mengemudikan kendaraan yang dilengkapi pendingin (AC) karena lebih nyaman dan aman dibandingkan dengan angkutan kota pada umumnya.

Yesaya, pengemudi Jak Lingko, saat ditemui di kawasan Pasar Tanah Abang, Senin, mengatakan, angkutan kota (angkot) ber-AC, lebih aman karena pintu kendaraan selalu tertutup.

Yesaya menerangkan, tidak ada pengamen yang masuk ke angkot Jak Lingko ber-AC.

"Beda kalau angkot Jak Lingko biasa, tanpa AC, pintunya terbuka karena kalau tidak terbuka ya panas. Beda dengan mobil AC, tertutup terus," kata Yesaya.

Tidak jauh dari Yesaya, Sri, pengemudi Jak Lingko, lebih memilih mengemudikan mobil ber-AC karena lebih nyaman buat dirinya dan penumpang.

Faktor nyaman itu utamanya didapat dari hawa mobil yang lebih sejuk.

Namun dia tidak dapat mengendarai Jak Lingko ber-AC tiap waktu karena jumlahnya masih terbatas.

Sri mengatakan, saat ini armada Jak Lingko ber-AC baru tersedia sekitar lima mobil yang mengangkut penumpang dari Tanah Abang ke Kota.

"Saya sendiri baru dapat jadwal menyopir Jak Lingko AC besok. Hari ini masih yang biasa," kata Sri.

Senada dengan Yesaya dan Sri, Daniel juga lebih memilih mengemudi Jak Lingko ber-AC. Dia berharap ke depan seluruh angkot yang terhubung dengan Transjakarta itu dapat dilengkapi dengan pendingin.

"Sekarang Jak Lingko AC masih uji coba. Harapannya dari saya, driver, semuanya diganti AC. Jadi sama nyamannya dengan Transjakarta," kata Daniel.

Menurut tiga pengemudi Jak Lingko rute Tanah Abang-Kota itu, angkot ber-AC baru beroperasi untuk masa uji coba sejak 1 Juli.

Penumpang yang ingin naik Jak Lingko ber-AC dapat menunggu di Halte Transjakarta/Jak Lingko di Pasar Tanah Abang dan di Kota Tua.

Jak Lingko ber-AC dapat dikenali dari warna abu-abu yang berbeda dengan angkot biasa yang bercat biru.

Selama masa uji coba, penumpang dapat menaiki Jak-Lingko ber-AC tanpa dipungut biaya, tetapi harus memiliki kartu Jak Lingko atau KJP (Kartu Jakarta Pintar).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri menargetkan 12.500 angkot Jak Lingko bakal dilengkapi dengan AC pada tahun ini.