Pecatur junior Kotim unjuk gigi di Kejurprov Catur Kalteng

id Pecatur junior Kalteng unjuk gigi di Kejurprov Catur Kalteng,Catur,Kalimantan Tengah,Kotawaringin Timur,Kotim,Sampit

Pecatur junior Kotim unjuk gigi di Kejurprov Catur Kalteng

Edward (kanan) saat Kejuaraan Catur Terbuka Isen Mulang dan Kejuaraan Provinsi Catur Kalimantan Tengah di Aula Museum Balanga Kota Palangka Raya. (Foto Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Pecatur junior Kabupaten Kotawaringin Timur mampu unjuk gigi dengan meraih dua medali emas dalam Kejuaraan Catur Terbuka Isen Mulang dan Kejuaraan Provinsi Catur Kalimantan Tengah di Aula Museum Balanga Kota Palangka Raya pada 5 hingga 9 Juli 2019.

"Merasa senang dan merasa bangga dengan keberhasilan yang mereka capai. Setidaknya ini menjadikan gambaran keberhasilan pembinaan atlet-atlet junior di Kotawaringin Timur," kata Sekretaris Percasi Kotawaringin Timur Junaidi dihubungi dari Sampit, Selasa.

Dua pecatur junior yang berhasil meraih medali emas itu adalah Edward Ritsie Pierli dan Athaya Muluq Priadinata. Selain itu, seorang pecatur lainnya yaitu Andrianose Marbun mempersembahkan medali perunggu.

Mereka bertanding pada nomor berbeda-beda. Edward turun di Kelas A Putra usia 19 tahun, Andreanose turun di Kelas B Putra usia 17 tahun dan Athaya Muluq turun di Kelas C Putra usia 15 tahun. Mereka tidak gentar berhadapan dengan pecatur tangguh dari daerah lain seperti Palangka Raya, Murung Raya, Sukamara dan lainnya. 

Capaian ini menjadi gambaran pecatur junior di Kotawaringin Timur memiliki kemampuan yang bagus. Potensi ini harus terus digali dan dikembangkan sehingga akan lahir banyak pecatur-pecatur handal di Kotawaringin Timur hingga di tingkat junior.

"Kotawaringin Timur harus makin sering menggelar turnamen atau kejuaraan untuk mengasah kemampuan pecatur junior. Makin sering bertanding, makin bagus karena makin banyak pengalaman. Hal lainnya yang penting adalah mencari bibit pecatur junior," kata Edward, salah satu pecatur yang meraih medali emas.

Edward mengungkapkan, latihan keras yang dilakukannya selama ini telah terbayar dengan medali emas yang diraihnya. Dia bertekad mampu mengharumkan nama Kalimantan Tengah dalam Kejurnas Catur di Ambon pada Oktober 2019 mendatang. 

Sementara itu pelatih catur junior Kotawaringin Timur, Herry Akriawan menambahkan, pembinaan terhadap pecatur junior Kotawaringin Timur harus dilakukan secara berkesinambungan. Salah satunya dengan memperbanyak event atau turnamen catur di Kotawaringin Timur. 

"Dengan prestasi yang dicapai ini diharapkan semakin memacu semangat para pecatur Kotawaringin Timur untuk mengukir prestasi lebih baik lagi," tandasnya.

Sementara itu, dalam Kejurprov tersebut juara umum diraih Kota Palangka Raya dengan meraih tujuh medali emas, diikuti Murung Raya dengan lima medali emas. Peraih medali emas dalam kejuaraan ini akan mewakili Kalteng dalam Kejurnas Catur 2019 di Ambon Provinsi Maluku Oktober 2019 mendatang. 

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar