Akibat harga anjlok, petani cengkih merugi

id Akibat harga anjlok, petani cengkih merugi,petani cengkih

Akibat harga anjlok, petani cengkih merugi

Petani menunjukkan cengkih saat di jemur di kawasan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/7). Memasuki masa panen raya, harga cengkih di kebun turun di kisaran Rp 90.000 per kg dari harga biasanya dikisaran Rp 100.000 per kg. (ANTARA JABAR/Heru Salim/agr/18).

Madiun (ANTARA) - Sejumlah petani cengkih di wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mengalami kerugian akibat harga komoditas tersebut yang turun pada saat musim panen tahun ini.

"Harga jual cengkih saat ini turun drastis. Cengkih kering sekarang berkisar Rp60.000 hingga Rp78.000 per kilogramnya, padahal sebelumnya bisa mencapai Rp90.000 hingga Rp100.000 per kilogram," ujar salah satu petani cengkih di Desa Bodag, Kecamatan Kare, Sugeng, Selasa.

Sedangkan, untuk cengkih basah hanya dihargai Rp20.000 hingga Rp23.000 per kilogramnya. Kondisi tersebut membuat para petani cengkih mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.

Kerugian tersebut karena penjualan hasil panen cengkih belum dapat menutup tingginya biaya perawatan tanaman dan biaya petik yang ada.

Selain harga jatuh, petani juga dipusingkan dengan serangan penyakit pada pohon cengkih akibat virus. Tanaman yang terserang menjadi kering, tidak berbunga, dan lama kelamaan mati.

Sisi lain, pemerintah belum menetapkan harga standar dari komoditas cengkih. Sehingga harga dengan mudah dipermainkan oleh pasar ataupun pedagang tengkulak.

Menanggapi kondisi tersebut, Kasi Perkebunan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun, M Yasin mengatakan kondisi harga yang anjlok disebabkan karena stok cengkih di pasaran yang melimpah menyusul memasuki musim panen.

"Saat ini di wilayah Madiun dan juga daerah lainnya sedang sama-sama masa panen cengkih. Sehingga pasokan cengkih banyak di pasaran dan harganya turun," kata Yasin.

Untuk itu pihaknya mengimbau para petani cengkih agar pandai mengatur waktu jual yang tepat. Ia menganjurkan para petani tidak langsung menjual cengkihnya sekaligus. Namun bisa menyimpannya terlebih dahulu sambil melihat harga pasar.

Seperti diketahui, cengkih merupakan satu dari beberapa komoditas perkebunan di Kabupaten Madiun. Sentra perkebunan cengkih di Kabupaten Madiun terdapat di Kecamatan Dolopo, Dagangan, Wungu, Kare, dan Gemarang.