Rekonsiliasi laporan keuangan dan pemutakhiran data BMN Kemenkumham Kalteng

id Kemenkumham Kalteng,Rekonsiliasi laporan keuangan dan pemutakhiran data BMN Kemenkumham Kalteng

Rekonsiliasi laporan keuangan dan pemutakhiran data BMN Kemenkumham Kalteng

Pelaksana harian Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah Sucipto (tengah) pada saat acara penutupan rekonsiliasi laporan keuangan dan pemutakhiran data barang milik negara. di Palangkara Raya, Rabu (10/7/2019). (Foto/AntaraKalteng/Anwar S Pandiangan).

Palangka Raya (ANTARA) - Pelaksana harian Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah Sucipto mengatakan bahwa rekonsiliasi laporan keuangan dan pemutakhiran data barang milik negara (BMN) ini memiliki nilai yang sangat penting dan strategis, sebab merupakan bagian dari mekanisme dan fasilitasi penyusunan dan penyampaian laporan keuangan kementerian/lembaga.

"Selain itu rekonsiliasi merupakan wahana untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan Kemenkumham oleh BPK RI sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan," kata Sucipto di Palangka Raya, Rabu.

Sucipto yang juga Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham itu mengatakan, bahwa kegiatan ini bisa membangkitkan upaya dalam rangka peningkatan penyusunan laporan keuangan Kemenkumham Kalimantan Tengah serta dapat menghasilkan laporan keuangan dan laporan BMN yang berkualitas yakni laporan keuangan yang akuntabel, transparan dan tepat waktu sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). Dan laporan ini sekaligus untuk mempertahankan opini WTP terhadap laporan keuangan Kemenkumham yang akan datang,
Sejumlah peserta rapat rekonsiliasi laporan keuangan dan pemutakhiran data barang milik negara di Palangkara Raya, Rabu (10/7/2019). (Foto/AntaraKalteng/Anwar S Pandiangan).

Kasubag Pengelolaan Keuangan dan BMN Woro mengatakan Kantor Kanwil Kemenkuham Kalteng melakukan rekom keuangan dalam satu tahun ada dua semester pelaksanaanya yaitu bulan Juli dan awal Januari, seluruh satker yang ada di Kanwil Kemenkumham dan UPT

"Kegiatan Rekonsilasi Laporan Keuangan Dan Pemutakhiran Data Barang Milik Negara kita lakukan setiap tahun harapan saya pasti kita  dapat wajar tampa pengecualian (WTP), laporan keuangan Kanwil Kemenkuham Kalteng yang aktual akuntabel dan transparan sekaligus untuk mempertahankan opini WTP terhadap laporan keuangan yang akan datang di seluruh wilayah satuan kerja Kemenkuham Kalteng 

Pada kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yang berasal dari Biro Keuangan dan BMN Kementerian Hukum dan HAM RI dan dari KPPN / KPKNL perwakilan provinsi Kalimantan Tengah.