Masyarakat Gunung Mas diimbau aktifkan pos kamling

id Masyarakat Gunung Mas diimbau aktifkan pos kamling,Pos kamling,Gunung Mas

Masyarakat Gunung Mas diimbau aktifkan pos kamling

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong didampingi Kapolres AKBP Yudi Yuliadin menyerahkan hadiah lomba pos kamling kepada Ketua RT 19 Tumbang Lambaing, Kelurahan Tewah Kecamatan Tewah, usai Upacara HUT ke-73 Bhayangkara, di Mapolsek Kurun, Rabu (10/7/2019). (Foto Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kapolres Gunung Mas Kalimantan Tengah AKBP Yudi Yuliadin mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menjaga situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing dengan aktif melakukan pos keamanan lingkungan (pos kamling).

Partisipasi dan dukungan dari masyarakat dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban akan sangat membantu kepolisian, sehingga kepolisian dapat melakukan tugas lainnya secara mendalam, kata Yudi di Kuala Kurun, Rabu.

“Dengan adanya peran aktif dari masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing, artinya itu meringankan tugas kami, sehingga kami bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas lain,” tambah Yudi.

Dia mengatakan, salah satu cara yang dilakukan oleh Polres Gunung Mas untuk mengaktifkan pos kamling adalah dengan mengadakan lomba pos kamling. Lomba itu juga dilakukan dalam rangka HUT ke-73 Bhayangkara.

Pada pelaksanaan lomba tersebut, ada beberapa kriteria yang dinilai seperti keaktifan petugas, jumlah petugas, kelengkapan pos kamling, standar bangunan pos kamling, dan lainnya.

Dia menyebut, sebagai juara 1 adalah Pos Kamling RT 19 Tumbang Lambaing Kelurahan Tewah, Kecamatan Tewah. Juara 2 adalah RT 03  Desa Petak Bahandang, Kecamatan Kurun, dan juara 3 adalah RT 06 Kelurahan Kampuri, Kecamatan Mihing Raya.

“Saya harap pos kamling lain yang selama ini belum ada atau belum aktif dapat lebih aktif lagi, menjalankan tugas dan peran dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” tuturnya.

Penyerahan hadiah lomba pos kamling kepada para pemenang dilakukan langsung oleh Bupati Gumas Jaya S Monong didamping Kapolres Gunung Mas. Jaya mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba.

Orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau itu berharap lomba pos kamling dapat memacu masyarakat untuk mengaktifkan pos kamling di lingkungan masing-masing.

“Pertahankan apa yang sudah baik dan tingkatkan lagi fungsi pos kamling, sehingga lingkungan sekitar semakin aman. Menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan merupakan tugas kita bersama,” demikian Jaya.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar