Pertumbuhan ekonomi Kotim 2020 ditarget 5,6 persen

id Pertumbuhan ekonomi Kotim 2020 ditarget 5,6 persen,DPRD Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit,APBD

Wakil Bupati HM Taufiq Mukri. (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah menargetkan pertumbuhan ekonomi daerah mereka pada 2020 nanti bisa mencapai antara 5,3 persen hingga 5,6 persen.

"Untuk mencapai target tersebut pemerintah daerah telah menyusun sejumlah strategi yang dituangkan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD)," kata Wakil Bupati Kotawaringin Timur, H Muhamad Taufiq Mukri di Sampit, Kamis.

Penyusunan RKPD 2020 harus memperhatikan, disesuaikan dan disinkronkan dengan RKPD Provinsi Kalimantan Tengah serta rencana kerja pemerintah pusat.

RKPD 2020 Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan penjabaran tahun keempat pelaksanaan peraturan daerah Nomor 8 tahun 2016 tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahum 2016-2021 yang isinya memuat sasaran, arah kebijakan dan strategi pembangunan.

Penyusunan RKPD juga dalam upaya menjaga kesinambungan pembangunan terencana dan sistematis yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dengan memanfaatkan berbagai sumberdaya yang tersedia secara optimal, efisien, efektif dan akuntabel.

"Tujuan akhir dari penyusunan RKPD tersebut adalah meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat secara berkelanjutan," ucapnya.

Dikatakannya, penyusunan RKPD tahun 2020 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu, gaya berpikir, penyatuan berbagai aspek dan data yang memiliki referensi.

Penyusunan RKPD juga berdasarkan kebijakan anggaran belanja melalui pendekatan anggaran yang lebih fokus pada program atau kegiatan yang terkait langsung dengan prioritas serta memastikan hanya program yang benar-benar bermanfaat.

"Sasaran program yang dialokasikan bukan sekadar karena tugas fungsi organisasi perangkat daerah yang bersangkutan, melainkan berdasarkan RKPD yang telah ditetapkan," ucapnya.

Taufiq Mukri mengatakan, untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi pada 2020 nanti pemerintah daerah juga telah menetapkan lima prioritas pembangunan.

Kelima program pembangunan prioritas tersebut meliputi pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, infrastruktur dan pemerataan wilayah, nilai tambah sektor riil, industri dan kesempatan kerja, ketahanan pangan, air, energi dan lingkungan hidup, dan yang terakhir adalah stabilitas pertahanan dan keamanan.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar