Danau Sembuluh masuk dalam program Penyelamatan Danau Strategis Nasional

id Pemkab seruyan, pemerintah kabupaten seruyan, kuala pembuang, danau sembuluh, program penyelamatan danau strategis nasional, kalimantan tengah, klhk

Dok-Perairan Danau Sembuluh, Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah. (FOTO ANTARA Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Danau Sembuluh yang berada di Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan merupakan danau terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah dengan luas sekitar 7.832,5 haktare dan memiliki panjang 35,68 kilometer.

"Pada tahun 2019 Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK) RI memprogramkan 10 Penyelamatan Danau Strategis Nasional dan Danau Sembuluh menjadi salah satunya," kata Camat Danau Sembuluh Roby Kurniawan saat dihubungi dari Kuala Pembuang, Jumat.

Danau Sembuluh berperan penting bagi kehidupan masyarakat sekitar, selain sebagai tempat wisata juga sebagai sumber penghasilan nelayan dan rata-rata masyarakat sekitar danau berprofesi sebagai nelayan, seperti pembudidaya dan nelayan tangkap.

Ia menjelaskan melalui program nasional itu, danau akan dikelola dengan baik dan dipastikan keamanannya. Selain itu yang terpenting adalah menjaganya agar tetap bersih dan tidak terkena pencemaran lingkungan.

"Dengan program tersebut, danau nantinya akan dikelola secara optimal. Mulai dari tempat wisata maupun budidaya perikanannya," jelasnya.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Seruyan Priyo Widagdo membenarkan hal itu, bahwa Danau Sembuluh menjadi salah satu danau yang masuk dalam program Penyelamatan Danau Strategis Nasional.

Pihaknya pun berharap melalui program itu, kondisi Danau Sembuluh bisa lebih baik lagi dibandingkan saat ini. Hingga nantinya, fungsi dan manfaat danau baik bagi lingkungan dan juga masyarakat bisa tetap terjaga.

"Semoga melalui program ini, kondisi Danau Sembuluh bisa menjadi lebih baik lagi dan tetap bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat hingga di masa yang akan datang," tutur Priyo.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar