Rencana pengambilan sampel minyak di Seruyan harusnya disampaikan kepada DPRD

id dprd seruyan,kuala pembuang,legislatif,legislator,pengambilan sampel minyak,pertamina

Rencana pengambilan sampel minyak di Seruyan harusnya disampaikan kepada DPRD

Wakil Ketua DPRD Seruyan Norhasan (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Norhasan menyebut, belum ada konfirmasi dari investor kepada pihaknya selaku wakil rakyat terkait rencana pengambilan sampel minyak dengan kedalaman 1.200 meter.

"Sampai saat ini investor tidak ada melakukan konfirmasi kepada kami terkait rencana pengambilan sampel tersebut," katanya di Kuala Pembuang, Jumat.

Menurut Norhasan, seharusnya setelah melakukan komunikasi dengan pemerintah kabupaten terkait rencana itu, selanjutnya dilakukan komunikasi atau pertemuan dengan DPRD.

Baca juga: Delapan titik sampel minyak akan diambil di Seruyan

Sudah seharusnya dan sewajarnya DPRD kabupaten mengetahui setiap kegiatan yang akan dilakukan di daerah, terlebih jika itu berkaitan dengan kegiatan pembangunan dan berpotensi memiliki dampak terhadap lingkungan sekitarnya.

Namun meski hingga saat ini rencana itu belum ada disampaikan kepada pihaknya, juga belum ada laporan ataupun keluhan dari masyarakat. Jika nantinya ada laporan maupun keluhan yang pihaknya terima, maka DPRD berhak untuk memanggil pihak terkait.

"Kalau memang ada laporan dari masyarakat kedepannya, kami siap untuk menindaklanjutinya karena memang sesuai tugas dan fungsi DPRD," jelas Norhasan.

Ia pun berharap agar pihak investor segera menyampaikan rencana itu kepada DPRD, sehingga mereka mengetahui secara pasti apa saja yang akan dilakukan pada pengambilan sampel nantinya dan memastikan apakah rencana itu sudah sesuai aturan yang berlaku ataukah tidak.

Pihaknya menegaskan, setiap kegiatan pembangunan yang memiliki tujuan baik dan berdampak positif bagi daerah serta sesuai aturan yang berlaku, tentu akan mendapatkan dukungan penuh dari DPRD.