Sukses ganda Kotim di Peda KTNA Kalteng

id Sukses ganda Kotim di Peda KTNA Kalteng,KTNA,Kalteng,Dinas Pertanian,Kotawaringin Timur,Kotim,Made Dikantara,Sampit

Sukses ganda Kotim di Peda KTNA Kalteng

Wakil Bupati HM Taufiq Mukri menyerahkan hadiah kepada pemenang saat penutupan Pekan Daerah XII KTNA Provinsi Kalteng di Desa Eka Bahurui, Jumat (12/7/2019) malam. (Foto Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Kabupaten Kotawaringin Timur meraih sukses ganda dalam Pekan Daerah XII Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kalimantan Tengah yang digelar di Desa Eka Bahurui Kecamatan Mentawa Baru Ketapang yang berakhir pada Jumat (12/7) malam.

Selain menjadi tuan rumah yang mampu menggelar acara dengan sukses dan meriah, Kotawaringin Timur juga sukses meraih prestasi dengan menjadi juara umum kegiatan yang diikuti 12 kabupaten dan satu kota tersebut.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan dan semua pihak yang terlibat dalam Peda tersebut terutama bapak bupati, wakil bupati dan sekretaris daerah yang luar biasa mendukung kegiatan ini," kata Kepala Dinas Pertanian Kotawaringin Timur I Made Dikantara di Sampit, Sabtu.

Pekan Daerah XII KTNA Provinsi Kalimantan Tengah dibuka Gubernur H Sugianto Sabran pada Senin (8/7) lalu dan ditutup pada Jumat (12/7) malam oleh Wakil Bupati HM Taufiq Mukri. Acara penutupan juga diisi penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba.

Berbagai kegiatan yang digelar selama acara, termasuk 18 macam lomba. Hasil akhir, juara umum diraih kontingen tuan rumah Kabupaten Kotawaringin Timur, juara II diraih Lamandau, juara III diraih Gunung Mas, juara harapan I diraih Kota Palangka Raya, juara harapan II diraih Kabupaten Kotawaringin Barat dan juara harapan III diraih Barito Utara.

Sementara itu, gelar juara masing-masing lomba yaitu lomba asah terampil diraih Palangka Raya, mengemas benih ikan patin diraih Kotawaringin Timur, mengemas benih ikan lele diraih Barito selatan, lomba menyadap karet diraih Barito Timur, memilih bibit dan memipil jagung diraih Kotawaringin Barat dan memilih kelamin anak ayam diraih Gunung Mas.

Juara lomba mars KTNA diraih Kotawaringin Timur, festival kesenian daerah gerak nusantara diraih Lamandau, lomba bongkar pasang traktor diraih Palangka Raya, lomba lari karung putri diraih Gunung Mas, lomba lari karung putra diraih Kotawaringin Timur, kupas kelapa diraih Kotawaringin Timur.

Juara lomba karya inovasi penyuluh diraih Lamandau, karya inovasi petani diraih Kotawaringin Timur, lomba voli putra dan putri diborong Kotawaringin Timur, stan pameran diraih Kotawaringin Timur dan lomba pemondokan diraih Pulang Pisau.

Capaian yang diraih ini menjadi kebanggaan luar biasa bagi petani dan masyarakat Kotawaringin Timur. Pekan Daerah XII KTNA ini menjadi ajang persiapan Provinsi Kalimantan Tengah untuk menghadapi Pekan Nasional KTNA di Padang Sumatera Barat pada 2020 nanti.

Made mengatakan, selain kesuksesan menjadi tuan rumah dan meraih juara umum, kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi petani dan daerah. Petani mendapatkan banyak ilmu pengetahuan baru sebagai bekal dalam mengembangkan dan meningkatkan produksi pertanian.

Bagi daerah, kegiatan ini membawa dampak positif dengan kedatangan lebih dari seribu peserta dan pendamping dari 12 kabupaten dan satu kota. Selama kegiatan, mereka berbelanja, berwisata, menikmati hiburan dan berbagai jasa di Kotawaringin Timur sehingga memberi pemasukan bagi masyarakat dan daerah.

"Dampaknya tidak hanya terhadap sektor pertanian, tetapi juga pada sektor ekonomi dan pariwisata. Kegiatan ini juga makin mengenalkan Kotawaringin Timur sebagai tujuan wisata. Kesuksesan ini juga menjadi bukti bahwa kabupaten ini siap menggelar acara-acara besar lainnya," demikian Made.