Jamaah calon haji Barito Selatan gelar doa bersama

id Jamaah calon haji Barito Selatan gelar doa bersama,Haji,JCH,Calon haji,Buntok,Barsel,Barito Selatan

Jamaah calon haji Barito Selatan gelar doa bersama

Jamaah calon haji Barito Selatan mengenakan batik mengikuti shalat hajat Blberjamaah di Masjid Agung Baiturrahman Buntok, Minggu (14/7/2019) malam. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Sebanyak 162 jamaah calon haji Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah menggelar doa bersama demi kelancaran dan keselamatan mereka menunaikan ibadah haji nantinya.

"Shalat hajat ini memang kegiatan rutin yang kami laksanakan setiap tahun. Semoga dengan pelaksanaan shalat hajat ini, seluruh jamaah haji diberikan kemudahan, kesehatan dan keselamatan, mulai berangkat hingga pulang nantinya," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Selatan Abdul Majid Rahimi di Buntok, Minggu malam.

Doa bersama yang diisi shalat hajat diikuti 162 calon haji beserta keluarganya. Kegiatan yang turut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah tersebut dilaksanakan di Masjid Agung Baiturrahman Buntok.

Abdul Majid menyampaikan, jamah calon haji Barito Selatan yang diberangkatkan pada 1440 Hijriah atau 2019 ini masuk dalam kelompok terbang 18 bergabung dengan jamah calon haji asal Kabupaten Barito Utara dan Sukamara.

Jamah calon haji asal Barito Selatan ini nantinya akan diberangkatkan dari embarkasi Banjarmasin menuju ke Madinah pada 3 Agustus 2019 mendatang, setelah itu menuju ke Mekkah menggunakan bus.

"Begitu juga dengan kepulangannya menuju ke Banjarmasin nantinya tidak melalui bandara di Jeddah, melainkan dari bandara di Madinah," ujar Abdul Majid.

Sebelumnya, jamah calon haji Barito Selatan sudah mengikuti manasik haji, baik tingkat kabupaten maupun gabungan tingkat kecamatan. Mereka juga telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan.

Sementara itu Asisten I Sekretariat Daerah Barito Selatan Jumadi, berpesan kepada calon jamaah haji Barito Selatan agar menjaga kesehatan, karena pelaksanaan ibadah haji memerlukan fisik yang sehat dan prima agar bisa melaksanakan seluruh rangkaian rukun haji dan ibadah sunat lainnya.

"Kami juga meminta kepada jamaah calon haji agar menjaga kekompakan. Yang muda jangan segan membantu yang tua, dan begitu juga yang tua jangan segan meminta bantu yang muda," kata Jumadi mewakili Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri.

Ia bersyukur, karena Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) yang dipilih adalah seorang ustaz sehingga akan sangat membantu. Bagi jamah calon haji asal yang masih belum paham terkait pelaksanaan haji nantinya bisa menanyakan kepada Ustadz Iqbal Al Jauhari.

"Sedangkan untuk tanggal keberangkatan jamaah calon haji Barito Selatan dari Buntok menuju ke Banjarmasin akan ditentukan pada saat rapat yang akan dilaksanakan pada Selasa (16/7) nanti," demikian Jumadi.