Kodim Sampit sebar personel ke sekolah bekali siswa baru

id Kodim Sampit sebar personel ke sekolah bekali siswa baru,Kodim 1015 Sampit,Sumarlin Marzuki,Masa pengenalan lingkungan sekolah,TNI

Kodim Sampit sebar personel ke sekolah bekali siswa baru

Pjs Danramil 1015-05/Tumbang Hiran Pelda Imansyah saat menjadi pemateri dalam pengenalan lingkungan sekolah di SMA 1 Marikit Kabupaten Katingan, Senin (25/7/2019). (Foto Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Kodim 1015 Sampit Provinsi Kalimantan Tengah menyebar personel mereka ke sekolah-sekolah di tiga kabupaten untuk memberi pembekalan pengetahuan, khususnya kepada siswa baru hingga di pelosok.

"Ini sesuai arahan pimpinan dan sebagai kontribusi TNI membantu di bidang pendidikan, khususnya dalam pembentukan karakter para pelajar sebagai generasi muda yang akan menjadi penerus daerah dan bangsa ini," kata Komandan Kodim 1015 Sampit Letkol Inf Sumarlin Marzuki di Sampit, Senin.

Kodim 1015 Sampit membawahi tiga kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan dan Katingan. Kodim bersama jajarannya di 19 Koramil yang tersebar di tiga kabupaten tersebut, mengirimkan personel ke setiap sekolah untuk menjadi pemateri kegiatan pengenalan lingkungan sekolah untuk siswa baru.

Selama tiga hari dimulai hari ini, anggota Kodim 1015 Sampit memberi pembekalan kepada siswa baru tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas sederajat.
Materi yang disampaikan adalah tentang wawasan kebangsaan, bela negara, peraturan baris berbaris dan tata upacara bendera. Penyampaian materi dilakukan melalui kegiatan di dalam ruangan dan lapangan.

Bagi TNI, mengabdikan diri sebagai tenaga pendidik di sekolah bukan hal aneh. TNI terus berupaya membantu masyarakat dalam bidang apapun sebagai bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat.

Justru, ini menjadi kesempatan bagi TNI untuk memberi pemahaman dan mengajak generasi muda, khususnya pelajar untuk mencintai tanah air. Sangat penting bagi generasi muda untuk memahami tentang wawasan kebangsaan karena sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter dan kecintaan terhadap tanah air.

Wawasan kebangsaan memberikan banyak hal positif seperti kepedulian terhadap sesama tanpa memandang perbedaan, memupuk rasa cinta tanah air, bahkan hingga mampu membentengi diri dari tindakan-tindakan negatif dan merugikan.

Kegiatan ini juga diharapkan menjadi bekal bagi siswa untuk lebih menjaga diri dari pergaulan bebas, narkoba dan tindakan tidak terpuji lainnya. Siswa harus mampu menjaga diri dan melewati masa transisi mereka dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat untuk meraih masa depan.

Kehadiran para anggota TNI disambut antusias pelajar dan pihak sekolah. Bagi mereka, banyak hal positif dan bermanfaat yang didapat dari pelajaran yang diberikan. Kegiatan itu juga membuat mereka merasa makin dekat dengan TNI.

"Kami juga mengingatkan jangan ada kekerasan dalam belajar-mengajar, termasuk dalam kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. Kami dari TNI, selalu siap membantu dunia pendidikan di daerah dan negeri ini," demikian Sumarlin.