Jamaah Calon Haji Barsel berangkat 2 Agustus ke Embarkasi Banjarmasin

id kabupaten barito selatan,barsel,jemaah calon haji barsel,kemenag barsel,kepala kemenag barsel,Abdul Majid Rahimi

Jamaah Calon Haji Barsel berangkat 2 Agustus ke Embarkasi Banjarmasin

Kepala Kantor Kemenag Barito Selatan Abdul Majid Rahimi. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (ANTARA) - Sebanyak 162 orang Jamaah Calon Haji Barito Selatan didampingi satu orang Tim Pembimbing Haji Daerah, rencananya diberangkatkan dari Kota Buntok menuju ke Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 2 Agustus 2019 mendatang.

Keberangkatan tersebut merupakan hasil rapat dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel dan akan langsung dilepas oleh Bupati Eddy Raya Samsuri, kata kepala Kantor Kementerian Agama Barsel Abdul Majid Rahimi di Buntok, Selasa.

"Jamaah calon haji akan diberangkatkan menuju asrama haji Palangka Raya, dan selanjutnya akan diberangkatkan pada malam harinya menuju ke asrama haji Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel)," Abdul.

Pada pukul 06.00 WITA, jamaah haji akan masuk asrama haji Banjarmasin, dan pada pukul 23.15 WITA akan diberangkatkan dari Embarkasi Syamsuddin Noor Banjarmasin menuju Madinah menggunakan pesawat garuda dengan nomor penerbangan GA 8501.

"Setelah tiba di Madinah tanggal 4 Agustus 2019 sekitar pukul 04.25 waktu setempat, selanjutnya akan diberangkatkan menggunakan bus menuju ke Mekkah," jelas Abdul.

Selain itu, dirinya juga menegaskan bahwa untuk jumlah jamaah calon haji Barsel yang akan diberangkatkan pada 1440 Hijriyah tahun 2019 sebanyak 162 orang, termasuk satu orang Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD).

"Jamaah calon haji Barsel masuk dalam kelompok terbang (kloter) 18 yang tergabung bersama Kabupaten Barito Utara, dan Sukamara," jelasnya.

Baca juga: Jamaah calon haji Barito Selatan gelar doa bersama

Dirinya juga mengimbau kepada jamaah calon haji Barito Selatan yang akan diberangkatkan pada 2019 ini supaya menjaga kesehatannya agar nantinya bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar tanpa ada gangguan masalah kesehatan, maupun kendala lainnya yang dapat menghambat pelaksanaan ibadah haji di tanah suci Mekkah.

"Saya minta kepada jamaah calon haji Barito Selatan agar menjaga nama baik, khususnya Kabupaten Barito Selatan, dan Negara Indonesia pada umumnya pada saat menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah nantinya," demikian Abdul.

Sementara Kabag Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Barsel Erta menyampaikan jamaah haji akan diberangkatkan dari Buntok menuju Embarkasi Antara Palangka Raya menggunakan empat unit bus.

"Pada saat dalam perjalanan, jamaah calon haji Barito Selatan akan istirahat makan siang di Timpah, dan sholat. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju Palangka Raya," demikian Erta.

Baca juga: DPRD dan Pemkab Barito Selatan dua raperda ditetapkan jadi perda

Baca juga: Kesadaran bayar pajak harus terus digalakkan, kata Bupati Barsel