Ini jumlah formasi CPNS dan PPPK usulan Pemkab Kotim

id Ini jumlah formasi CPNS dan PPPK usulan Pemkab Kotim,BKD,CPNS,Badan Kepegawaian Daerah,Alang Arianto,Sampit,Kotawaringin Timur,Kotim

Ini jumlah formasi CPNS dan PPPK usulan Pemkab Kotim

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur Alang Arianto. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah telah mengusulkan formasi untuk perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2019 dengan jumlah 288 formasi.

"Usulan yang diusulkan Pemkab Kotawaringin Timur sebanyak 288 formasi yang terdiri dari CPNS 163 formasi dan PPPK 125 formasi. Ini sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah pusat," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur Alang Arianto di Sampit, Kamis.

Pengusulan formasi itu menindaklanjuti surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang rencana perekrutan CPNS dan PPPK 2019. 
Berdasarkan isi surat tersebut, usulan formasi sudah harus diajukan dalam pekan kedua Juni lalu kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Badan Kepegawaian Negara.

PPPK hampir sama dengan PNS, bahkan mereka juga bisa menduduki jabatan strategis seperti halnya PNS. Namun yang membedakan adalah PPPK tidak mendapatkan pensiun seperti PNS.

Persetujuan usulan formasi nantinya akan mempertimbangkan komposisi atau kemampuan keuangan daerah. Namun Alang berharap semua usulan akan disetujui karena memang sesuai kebutuhan di lapangan.

Formasi yang diusulkan tidak hanya untuk guru dan tenaga kesehatan, tetapi juga tenaga teknis seperti verifikator keuangan, analisis pemerintahan, penyuluh pertanian dan lainnya. Namun yang disetujui nantinya tergantung Kemenpan RB dan Badan Kepegawaian Negara.

"Formasi itu adalah usulan dari pemerintah daerah. Kami belum tahu apakah nanti disetujui semua atau seperti apa. Kami masih menunggu persetujuan itu. Makanya kami juga belum tahu kapan seleksi ini nanti bisa dilaksanakan," kata Alang.

Warga yang berminat mendaftar seleksi CPNS dan PPPK, tidak salahnya mempersiapkan diri sejak sekarang. Calon peserta juga harus mempersiapkan mental karena formasi yang diusulkan diprioritaskan untuk mengisi kekosongan di kawasan pelosok.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur memang masih kekurangan banyak pegawai. Sesuai kebutuhan, idealnya pegawai yang dimiliki sekitar 10.000 orang, namun yang ada saat ini sebanyak 5.743 orang berstatus ASN dan 2.670 orang tenaga kontrak.

Sementara itu, saat ini 586 pegawai hasil seleksi CPNS pada Desember 2018 lalu sedang mengikuti Latihan Dasar CPNS golongan II dan III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Kegiatan ini berlangsung selama 53 hari untuk setiap angkatan.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar