1.000 ekor hewan peliharaan di Kapuas diberi vaksin rabies

id Kapuas,1.000 ekor hewan peliharaan di Kapuas diberi vaksin rabies,Kuala Kapuas,vaksin rabies

1.000 ekor hewan peliharaan di Kapuas diberi vaksin rabies

Petugas Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, saat memberikan suntikan vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan warga di Kelurahan Dahirang, Kecamatan Kapuas Hilir, Senin. (Foto Antara Kalteng/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan vaksinasi rabies terhadap 1.000 hewan anjing maupun kucing peliharaan masyarakat di daerah Kelurahan Dahirang, Kecamatan Kapuas Hilir.

"Hingga saat ini kita sudah melakukan vaksinasi rabies terhadap hewan anjing dan kucing ada sebanyak 1.000 ekor yang dtiga kecamatan yaitu, Kecamatan Selat, Basarang dan Kapuas Hilir," kata Kepala Siksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, dr. Anik Ariswandani, di Kuala Kapuas, Senin.

Sedangkan untuk tahun 2018 lalu, lanjutnya, terdiri ada sebanyak 2.205 ekor anjing, 690 ekor kucing dan kera. 

"Untuk tahun 2019 ini, kita menargetkan vaksinasi rabies akan lebih banyak dari tahun sebelumnya, karena masyarakat sangat menyambut baik dan antusias adanya kegiatan vaksinasi rabies ini," ucapnya.

Anik menjelaskan, bahwa vaksinasi rabies ini dilakukan terhadap hewan peliharaan masyarakat baik itu anjing dan kucing selain mencegah hewan peliharaan terkena penyakit, juga memberikan kekebalan tubuh dan melindungi hewan peliharaan dari penyakit menular.

Jadi masyarakat yang memiliki hewan atau binatang peliharaan jangan takut dan ragu untuk binatang peliharaannya seperti anjing dan kucing diberikan vaksinasi rabies ini, karena ini sangat baik bagi hewan agar terhindar dari penyakit menular, tambah Anik Ariswandani.

Sementara itu, salah satu warga Dahirang Gerry, sangat menyambut baik adanya vaksinasi rabies yang dilakukan oleh dinas Pertanian Kapuas setempat. Karena ini sangat membantu sekali bagi warga maupun dirinya yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing agar terhidar dari penyakit rabies.

"Kita berharap dengan adanya vaksinasi rabies ini agar tetap terus dilakukan rutin tiap tahunnya, supaya hewan peliharaan masyarakat baik itu anjing dan kucing terhidar dari penyakit rabies," tandas Gerry.

Sementara dalam vaksinasi rabies yang dilaksanakan di daerah Kelurahan Dahirang, Kecamatan Kapuas Hilir, satu persatu petugas mendatangi rumah warga yang memiliki hewan peliharaan dan langsung diberikan suntikan vaksinasi rabies.