Kecamatan Teweh Tengah kembali juara umum FBIMBT 2019

id festival budaya barto utara 2019,fbimbt barito utara ,teweh tengah juara umum fbimbt 2019,bupati tutup festival budaya barut

Kecamatan Teweh Tengah kembali juara umum FBIMBT 2019

Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra menyerahkan piala bergilir kepada juara umum pada FBIMBT yang di pertahankan oleh Kecamatan Teweh Tengah, Senin (22/7/2019) malam di WFC. (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara H Nadalsyah secara resmi menutup Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) 2019, Senin (22/7) malam di Water Front City (WFC) Muara Teweh. Dimana pada tahun lalu Kecamatan Teweh Tengah meraih juara umum dan tahun ini mempertahankan juara umum FBIMBT.

Pada penutupan FBIMBT tahun 2019 dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, unsur FKPD, staf ahli bupati dan asisten sekda, kepala perangkat daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Barito Utara, Ketua GOW, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta dhadiri warga masyarakat Muara Teweh.

Bupati  Nadalsyah mengatakan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan ini adalah agenda event budaya yang telah terselenggara setiap tahun. Kegiatan ini tidak hanya meriah, namun juga khas dan menarik menampilkan kreativitas dan inovasi para pelaku serta pecinta seni budaya Barito Utara.

Selain itu juga katanya, semenjak pembukaan sampai dengan hari ke dua kemaren pertunjukan seni budaya dari masing-masing kecamatan baik berupa tari, musik daerah, olahraga tradisional, tari adat istiadat menjadi magnet untuk di tonton masyarakat.

"Melalui kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaaan dan Olahraga (Disbudparpora) setempat selaku leading sektor serta instansi terkait, para camat, para seniman, budayawan, semua pihak dan segenap masyarakat Barito Utara atas terselenggaranya FBIMBT yang meriah dan penuh makna ini," kata Nadalsyah.

Pada kesempatan itu, bupati juga berpesan kepada para peserta lomba agar para pemenang yang menjuarai berbagai cabang lomba agar tidak puas diri dan bagi yang belum berhasil sebagai pemenang, harap bersabar dan tidak berhenti sampai disini, teruslah berkreasi dan terus berupaya menggapaiprestasi untuk kemajuan seni dan budaya di Kabupaten Barito Utara.

"Saya berharap Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan ini dapat mampu memberikan motivasi khususnya seniman, seniwati, budayawan, pemerhati dan organisasi-organisasi kesenian untuk terus mengembangkan kreasi inovasi sekaligus mengaktualisasikan diri melalui aktivitas danprestasi seni," katanya.

Dikatakan Nadalsyah, event ini juga merupakan bagian dari upaya pembinaan dan pelestarian budaya daerah, sebab kita semua menyadari betapa pentingnya makna kebudayaan dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa agar tidak terbawa arus dampak negative dari globalisasi dan mordenosasi.

Nadalsyah menambahkan, FBIMBT yang diselenggarakan ini hendaknya terus dipertahankan dan dalam penyelenggaraannya dari waktu ke waktu agar di usahakan selalu mengalami peningkatan, baik secara kualitas maupun kuantitas. 

"Maksudnya, agar kegiatan ini mampu menjadi event seni budaya yang memiliki gebyar yang luas, dinanti dan diminati oleh seluruh lapisan masyarakat," ungkapnya.

Sementara Kadisbudparpora H Arbaidi mengatakan, program Disbudparpora Barito Utara dalam pelaksanaan FBIMBT ini akan selalu ditingkatkan kegiatannya baik secara kuantitas maupun kualitas. 

"Kami berupaya bahwa kegiatan FBIMBT dapat menjadi kalender event seni budaya Kabupaten Barito Utara yang secara rutin setiap tahunnya dilaksanakan," ujar  Arbaidi.