Warga Kapuas diajak cegah karhutla

id Warga Kapuas diajak cegah karhutla,Kebakaran lahan,Kapuas,Karang Taruna

Lurah Selat Dalam Kecamatan Selat Syaiful Fadjri, saat memberikan sambutan pada acara sosialisasi trantibum dan karhutla di Aula Kantor Kelurahan Selat Dalam Jalan Tjilik Riwut Kuala Kapuas, Kamis. (Foto Dinas Kominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Masyarakat Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah diminta mencegah kebakaran hutan dan lahan atau karhutla agar tidak menimbulkan masalah seperti yang saat ini mulai marak terjadi di daerah lain.

"Maksud dan tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman serta mengkoordinasikan pemeliharaan trantibum dan pencegahan karhutla dengan satuan kerja atau instansi teknis terkait," ungkap Lurah Selat Dalam Syaiful Fadjri, Kamis.

Untuk optimalisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kelurahan Selat Dalam Kecamatan Selat, pemerintah kelurahan menggelar sosialisasi trantibum dan karhutla di daerah setempat.

Saat sosialisasi di Aula Kantor Kelurahan Selat Dalam Jalan Tjilik Riwut Kuala Kapuas tersebut, Syaiful Fadjri mengatakan, bahwa dasar pelaksanaan sosialisasi ini adalah berdasarkan surat Bupati Kapuas Nomor 360/727/BPBD.2019 tanggal 10 Juli 2019 perihal optimalisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kapuas tahun 2019.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini pada nantinya akan memberikan kontribusi nyata bagi Kelurahan Selat Dalam untuk menjaga dan memelihara ketentraman dan ketertiban umum, serta berkomitmen mencegah dan menanggulangi karhutla, sehingga menuju Kabupaten Kapuas sebagai Kota AIR yaitu aman, indah dan ramah serta mewujudkan Kalteng bebas kabut asap tahun 2019," ucap Syaiful Fadjri.

Camat Selat Noor Rahman dalam sosialisasi tersebut menyampaikan kepada semua pihak bahwa diperlukan dukungan serta bantuan dalam upaya meningkatkan ketentraman dan ketertiban di lingkungan masyarakat sehingga bencana-bencana seperti bahaya kebakaran hutan dan lahan, baik di lahan maupun di permukiman warga dapat diminimalisir.

Sosialisasi tersebut turut dihadiri perwakilan dari Polsek Selat, Satpol PP, BPBD Kapuas, Dinas Kominfo,  Ketua RT Se-Kelurahan Selat Dalam, ketua poskamling beserta pengurus, Ketua BPK Se-Kelurahan Selat Dalam beserta pengurus, Karang Taruna Karya Tunas Muda Kelurahan Selat Dalam beserta pengurus serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Beberapa materi yang disampaikan diantaranya peran kapolsek dalam pengawasan pengendalian sistem keamanan dan ketentraman serta ketertiban bersama masyarakat di tingkat kelurahan/desa.

Selain itu dijelaskan pula peran Danramil dalam optimalisasi pembinaan teritorial dan perlindungan masyarakat ditingkat kelurahan atau desa, peran strategis BPBD Kabupaten Kapuas dalam pencegahan atau penanggulangan karhutla serta optimalisasi peran serta kepemudaan dalam pelaksanaan trantibum di wilayah Kelurahan Selat Dalam. 


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar