Manado jadi magnet investasi bagi Hong Kong

id Manado jadi magnet investasi bagi Hong Kong,Hong Kong

Manado jadi magnet investasi bagi Hong Kong

Presiden Joko Widodo berbicara di lokasi wisata UKM Jendela Indonesia, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (4/7). (Desca Lidya Natalia)

Pelaku usaha di Sulut seyogyanya memanfaatkan peluang ini
Manado (ANTARA) - Pemerintah Hong Kong mendorong terjalinnya kerja sama dagang dan investasi pelaku usaha daerah itu di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Direktur Jenderal Kantor Ekonomi Perdagangan Hong Kong (Hong Kong Economic and Trade Office/HKETO) Kin-wai Law, mengatakan pertemuan kali ini di Sulut, dalam rangka memperkenalkan Hong Kong yang selama ini merupakan 'pintu masuk' untuk semua investasi ke China.

Dia melihat Manado merupakan daerah potensial untuk membangun kerja sama "business to Business" (B2B). Manado posisinya sangat strategis secara geografi maupun ekonomi.

"Kami dengar daerah ini dipersiapkan sebagai hub, artinya, akan jadi konektor ke daerah di sekitarnya seperti Kalimantan, Maluku dan Papua," ujar Law di Manado, Sabtu.

Lalu, katanya, Manado salah satu daerah prioritas pembangunan berbagai sektor oleh Pemerintah Indonesia.

"Kami melihat pariwisatanya sedang bergeliat, itu peluang juga," kata Law yang didampingi Ricky Cheng, Deputi Direktur HKETO dan Richie Daft, Public Relations.

Juga, katanya, produk seafood (perikanan), sayuran dan buah segar sangat potensial menjadi komoditas perdagangan dari Manado ke Hong Kong.

Pemerintah Hong Kong rutin menggelar forum bisnis seperti trade expo, seminar dan festival yang membuka peluang bisnis baru.

"Pelaku usaha di Sulut seyogyanya memanfaatkan peluang ini," ujarnya.

Pemerintah Hong Kong rutin menggelar forum bisnis seperti trade expo, seminar dan festival yang membuka peluang bisnis baru. Bagi pelaku usaha di Sulut yang tertarik berinvestasi ke Hong Kong atau baru sebatas mencari.

Begitu juga sebaliknya, Hong Kong melihat bisa menawarkan jasa konsultan konstruksi, akuntan dan lain-lain. Hong Kong punya tenaga

HKETO siap memfasilitasi pertukaran tenaga profesional di berbagai bidang.

"Kami melihat pembangunan di Manado sedang pesat. Kami bisa membantu lewat konsultasi dan asistensi di berbagai bidang," katanya.

Kata Law, Hong Kong adalah pintu masuk investasi ke Tiongkok.