Penghormatan kepada PNS di Kalteng melalui program pensiun

id Pemprov kalteng, pemerintah provinsi, kalimantan tengah, taspen, tabungan pensiun, pns, sekda, fahrizal fitri, program pensiun, purna tugas, asn, abdi

Penghormatan kepada PNS di Kalteng melalui program pensiun

Ilustrasi seorang pensiunan PNS di Kantor Pos. (Foto antarafoto.com)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, secara rutin menyerahkan produk dari program pensiun pegawai negeri sipil (PNS) kepada PNS yang telah memasuki masa pensiun atau purna tugasnya.

"Penyerahan itu sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan penghormatan kepada mereka yang telah mengabdikan dirinya kepada daerah serta masyarakat," kata Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri di Palangka Raya, Senin.

Hal itu ia ungkapkan saat melepas sejumlah PNS di lingkup Pemprov Kalteng yang telah memasuki masa pensiunnya. Adapun produk dari program pensiun yang diserahkan, meliputi Tabungan Hari Tua (Taspen) dan Asuransi Jiwa Taspen.

Fahrizal menilai, perlu digelar apel rutin tiap bulannya, untuk melepas PNS yang telah memasuki masa purna tugasnya. Bahkan, diharapkan kehadiran dari masing-masing pimpinannya, sebagai bukti masih terjalinnya hubungan yang baik dari semua pihak.

"Dengan cara itu, tentu akan menggambarkan hubungan baik antara PNS yang telah purna tugas, dengan pemerintah maupun aparatur sipil negara (ASN) lainnya," katanya di Palangka Raya, Senin.

Hal itu juga sekaligus sebagai bentuk penghargaan sekaligus rasa terima kasih pemerintah, atas jasa seorang PNS terhadap pengabdiannya selama ini yang telah melayani masyarakat dengan baik sesuai tugas dan fungsinya pada bidangnya masing-masing.

Kepala Cabang PT Taspen Palangka Raya Mohammad Agung Santoso menjelaskan, pihaknya terus membuat terobosan pada setiap program yang diperuntukan bagi pensiunan. Termasuk sebelum memasuki masa purna tugasnya, para PNS diberi ragam kemudahan saat mengurus program Taspen.

"Yang jelas, kami terus berinovasi guna memberikan pelayanan yang prima kepada calon pensiunan, hingga pada akhirnya mereka tidak kesulitan saat mengurus berbagai asuransi, klaim dan lainnya," terangnya.

Saat ini pun, dalam setiap pengurusan berkaitan program pensiun, tidak lagi mengharuskan PNS yang mendatangi kantor Taspen. Kini pihaknya lebih pro aktif dengan melakukan upaya jemput bola ke lapangan.