Huawei dikabarkan akan luncurkan smart TV

id handphone Huawei, smart TV,Huawei dikabarkan akan luncurkan smart TV

Salah satu gerai baru Huawei di Tunjungan Plaza 4 lantai 3 no 34 Surabaya, Jatim (Antara Jatim/ A Malik Ibrahim)

Jakarta (ANTARA) - Huawei Technologies menyatakan dalam waktu dekat akan meluncurkan televisi pintar (smart TV) yang memakai sistem operasi (OS) buatan mereka Hongmeng.

Huawei, dikutip dari Reuters, menyatakan hal tersebut saat meluncurkan ponsel mate 20X 5G di Shenzen, China pada Jumat (26/7) lalu.

Televisi yang mereka sebut "Smart Screens" itu akan menjadi produk pertama yang memakai sistem operasi Hongmeng.

Belum banyak informasi yang terungkap soal sistem operasi Hongmeng hingga saat ini, Huawei pada awal kabar Hongmeng merebak menyatakan sistem operasi ini bisa saja menggantikan Android di perangkat-perangkat buatan mereka,

Tapi, pimpinan Huawei lainnya beberapa minggu lalu menyatakan Hongmeng tidak dirancang untuk digunakan di perangkat mobile, namun untuk keperluan manufaktur.

Kontroversi mengenai sistem operasi Hongmeng mencuat setelah kerja sama Huawei dengan Google Android berakhir akibat perang dagang Amerika Serikat dengan China.

Berakhirnya kerja sama Google-Huawei untuk Android menimbulkan pertanyaan sistem operasi apa yang akan dipakai di ponsel Huawei. Huawei dikabarkan masih memiliki akses untuk lisensi open source Android.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar