Enam prestasi Pemkab Katingan tuai pujian dari Gubernur

id Pemprov kalteng, pemerintah provinsi, kalteng, kalimantan tengah, gubernur, sugianto sabran, prestasi, katingan, kasongan, kabupaten layak anak wtp, k

Enam prestasi Pemkab Katingan tuai pujian dari Gubernur

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (baju kuning) bersama Bupati Katingan Sakariyas (dua dari kiri) saat peringatan hari jadi ke-17 tahun Kabupaten Katingan di Kasongan, Selasa, (30/7/2019). (Foto Kominfosantik Kalteng)

Kasongan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengapresiasi kinerja dari Bupati dan Wakil Bupati Katingan beserta jajarannya, atas berbagai prestasi yang berhasil diraih selama ini.

"Ragam prestasi yang berhasil diraih, baik ditingkat provinsi maupun nasional oleh Pemkab Katingan, merupakan bukti nyata bahwa kinerja kepala daerah beserta jajarannya telah dilakukan dengan baik," katanya saat memberikan sambutan pada hari jadi ke-17 tahun Kabupaten Katingan di Kasongan, Selasa.

Ada sebanyak enam prestasi paling menonjol dari Pemkab Katingan yang berhasil diraih dalam beberapa waktu terakhir. Pertama, sebagai kabupaten pertama di Kalteng yang berhasil menyelesaikan penataan batas wilayah administrasi antar kabupaten/kota.

Batas wilayah itu, meliputi Katingan dengan Kabupaten Sintang dan Melawi Kalimantan Barat serta Kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan, Gunung Mas, Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya.

"Kedua, penganugerahan Lencana Emas Adi Bakti Tani Nelayan Pratama kepada Bupati Katingan, dari Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tahun 2019," jelasnya.

Selanjutnya, ketiga adalah penghargaan atas pencapaian Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Kesehatan Semesta Kalteng, dengan mendaftarkan penduduknya menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang kepesertaannya seluruh penduduk Katingan.

Keempat, penghargaan Pastika Parahita oleh Kementerian Kesehatan RI atas ditetapkannya perda tentang kawasan rokok dan kelima, perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada tahun 2018 dari BPK RI perwakilan Kalteng.

"Terakhir, yakni predikat Kabupaten Layak Anak yang baru saja diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Acara Puncak Hari Anak Nasional (HAN) di Makassar," tegasnya.

Khususnya untuk prestasi di tingkat nasional itu, tidak hanya menjadi kebanggaan Pemkab Katingan, namun juga bagi Pemprov Kalteng dan kabupaten/kota lainnya. Sebab di Kalteng baru Katingan dan Lamandau yang mendapat pengakuan sebagai kabupaten Layak Anak.

Pihaknya mendorong kabupaten/kota se-Kalteng untuk mengikuti jejak keteladanan yang telah dirintis oleh Katingan dan Lamandau, demi masa depan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Lebih lanjut, pada peringatan hari jadi ke-17 tahun Katingan, pihaknya berharap kinerja dari pemkab setempat bisa terus dipacu dan ditingkatkan, agar menjadi lebih profesional, berdaya saing tinggi serta mampu memberikan pelayanan secara prima, sehingga mampu mewujudkan masyarakat Katingan yang damai, maju, berkeadilan dan sejahtera.