Warga Palangka Raya diminta pro aktif bantu atasi karhutla

id Pemkot palangka raya, pemkot, palangka raya, kelurahan bukit tunggal, jekan raya, karhutla, heri fauzi, sekolah, kebakaran hutan, kebakaran lahan

Warga Palangka Raya diminta pro aktif bantu atasi karhutla

Lurah Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya Heri Fauzi (dua dari kiri) bersama anggota TNI dan Polri saat membagikan masker di sekolah beberapa waktu lalu. (Foto Istimewa)

Palangka Raya (ANTARA) - Warga Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah diminta pro aktif membantu para petugas dalam upaya pencegahan maupun penanggulangan permasalahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang hampir setiap hari terjadi, termasuk salah satunya di Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya.

"Di Kelurahan Bukit Tunggal karhutla hampir setiap hari terjadi, bahkan sekarang sudah mencapai sekitar ratusan hektare lahan yang terbakar," kata Lurah Bukit Tunggal Heri Fauzi di Palangka Raya, Rabu. 

Heri mengatakan, dalam upaya penanggulangan permasalahan karhutla yang asapnya sudah mencemari udara di wilayah setempat, pihaknya juga sudah menurunkan Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) yang tergabung di Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS-PB) yang berada di Jalan Tjilik Riwut Km 3.

Kendati sudah dipadamkan, karhutla seringkali terjadi di setiap harinya, bahkan kuat dugaan kebakaran tersebut dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang memang sengaja memiliki kepentingan pribadi. 

"Di wilayah kami, lahan yang terbakar sudah ada di sebanyak tiga lokasi dan saat ini telah ditandai dengan pemberian garis polisi," jelasnya di sela kegiatan kerjanya.

Lebih lanjut Heri memaparkan, kabakaran lahan yang terjadi di wilayahnya itu, terjadi dari Jalan Tjilik Riwut Km 12 Palangka Raya, hingga Jalan Mahir Mahar simpang Jalan G Obos.

Hampir di setiap harinya petugas pemadam kebakaran, selalu berjibaku memadamkan area yang terbakar, baik di tengah hutan maupun pinggiran jalan kawasan tersebut. 

"Kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai hal itu di setiap harinya, namun tetap saja masih ada kejadian serupa di wilayah Kelurahan Bukit Tunggal," ungkap Heri.

Tak hanya itu, pihaknya juga mensosialisasikan kepada setiap sekolah tentang bahaya karhutla, serta membagikan ratusan masker di setiap sekolah agar peserta didik dapat mengantisipasi dampak dari kebakaran yang tak kunjung selesai tersebut.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar