PMI Kalteng lakukan pelayanan kesehatan di Bartim

id PMI Kalimantan Tengah,PMI Kalteng,PMI Kalteng gelar pelayanan di Bartim

PMI Kalteng lakukan pelayanan kesehatan di Bartim

Petugas PMI Kalteng melakukan pemeriksaan golongan darah pada siswa SD Katolik Trinitas di Tamiang Layang, Kamis (1/8/2019). (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah menggelar pelayanan kesehatan dan sosiali tentang PMI di Sekolah Dasar Katolik Trinitas di Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur, Kamis.

Wakil Ketua Bidang Sosial dan Kesehatan PMI Kalteng dr Arnold Singarimbun di Tamiang Layang mengatakan, ada tiga hal yang disampaikan kepada orang tua dan murid yakni perilaku hidup bersih dan sehat, dampak kebakaran hutan dan lahan dan stunting dan pencegahannya.

"Kami tidak bisa bekerja sendiri, jadi perlu bekerjasama dengan pihak lain, seperti Dinas Kesehatan Barito Timur dan pihak lainnya untuk melaksanakan pelayanan," kata Arnold.

Menurutnya, pengenalan pola hidup bersih dan sehat pada anak murid disampaikan mulai dengan sikat gigi hingga pembelajaran buang sampah tidak sembarangan.

Selain itu, harus diiringi dengan makan buah buahan dan sayur sayuran, berolah raga dan istirahat yang teratur dan cukup. Terlebih lagi disaat musim kemarau yang bisa menyebabkaan terganggunya atau sakit pada saluran pernapasan.

Jika terjadi kebakaran hutan atau lahan, maka akan tercipta partikulat matter (pm). Jika pm mencapai 2,5 maka akan bersampak negatif bagi kesehatan terutama pernapasan dan dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan kanker paru-paru.

"Untuk itu, anak dan orang dewasa diperkenankan memakai masker, tidak keluar rumah secara berlebihan dan mengkonsumai air putih secara teratur," Arnold.

Sedangkan sosialisasi tentang stunting, petugas Dinas Kesehatan Barito Timur memaparkan secara rinci tentang stunting, penyebab, dampak, pencegahan dan cara mengatasi stunting.

Baca juga: PMI Kalteng bagikan 6.000 masker gratis

"Kita juga melaksanaan pemeriksaan golongan darah pana anak murid pada kelas 4, 5 dan 6, serta memberikan pemahaman donor darah," kata mantan Direktur RSUD Dorus Sylvanus itu.

Kepala Sekolah Dasar Katolik Trinitas Jeri mengatakan, kunjungan PMI Kalteng memberikan pencerahan baru dan wawasan yang baru tentang PMI.

"PMI identiknya dengan donor darah. Ternyata tidak hanya itu, banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan oleh PMI seperti sosialisasi kesehatan dan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan bekerjasama dengaan Dinas Kesehatan Barito Timur," ucap Jeri.

Jeri mengharapkan kerjasama dengan PMI Kalteng atau PMI Barito Timur di bidang pelayanan kesehatan maupun lainnya bisa terus berlanjut. Karena sangat memberikan manfaat bagi orang tua dan murid serta pihak sekolah.

Baca juga: KSR PMI unit UPR sukses selenggarakan LTP ke-IV se-Kalteng

Baca juga: PMI Kalteng dorong pengembangan PMI Kapuas