Santer disebut dalam bursa Pilgub Kalteng, ini tanggapan Ampera AY Mebas

id Pemkab bartim, pemerintah kabupaten, barito timur, ampera ay mebas, ampera, pilgub, pilgub kalteng, habib ismail bin yahya, wakil gubernur, wagub, sug

Santer disebut dalam bursa Pilgub Kalteng, ini tanggapan Ampera AY Mebas

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Nama Ampera AY Mebas cukup santer disebut dalam bursa Pilgub Kalteng 2020, lantaran memiliki perjalanan karir politik yang cukup baik, diantaranya menjabat sebagai Bupati Barito Timur sejak 2013 hingga sekarang.

Walaupun demikian, Ampera menegaskan dirinya ingin menuntaskan pembangunan di tanah kelahirannya, untuk mewujudkan Barito Timur yang sehat, cerdas dan sejahtera melalui pemerintahan yang amanah hingga 2023 mendatang.

"Saya pilih menuntaskan pembangunan di Barito Timur hingga 2023 nanti. Setelahnya baru akan berpikir menentukan langkah selanjutnya," kata Ampera di Tamiang Layang, Sabtu.

Menurut pria yang merayakan hari ulang tahun ke-52 pada tanggal 3 Agustus 2019 tadi, hal itu karena amanah yang diterimanya, melalui sumpah dan janji jabatan sebagai seorang kepala daerah yang memiliki tanggung jawab untuk membangun Barito Timur.

Sementara itu, Habib Ismail bin Yahya menyatakan siap maju dalam Pilgub tahun 2020 mendatang. Dalam persiapannya, ia mengaku telah mengantongi tujuh nama calon pendamping.

"Saat ini sudah ada tujuh nama calon pendamping yang menyatakan siap maju sebagai calon Wakil Gubernur Kalteng," katanya yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Kalteng.

Tujuh orang calon itu terdiri dari tokoh di daerah, seperti kepala daerah, politikus hingga pengusaha. Ketujuh orang tersebut berasal dari wilayah timur hingga barat Kalteng.

Rencana maju sebagai orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu, diawali dengan jalur independen. Jumlah relawan yang mendukung dan menyerahkan identitas diri sudah mencapai 83 ribu orang.

"Itu sebagai antisipasi saja. Kami masih mengutamakan pendaftaran melalui jalur partai. Saat ini PKB sudah ada tiga kursi, belum termasuk partai lainnya," jelasnya.

Habib Ismail juga menegaskan bahwa dirinya dan peserta lainnya, akan bersaing secara sehat di pilgub, dengan mengedepankan prestasi dan program yang akan dilaksanakan, tanpa saling menjelek-jelekkan satu sama lain.

Nama Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas juga santer disebut turut bersaing dalam Pilgub Kalteng 2020. Namun nama Ampera itu dibantah Habib Ismail sebagai salah satu dari tujuh orang yang ia maksud.

"Beliau kemarin menyatakan tidak bersedia. Jadi, kami tidak masukkan namanya. Kami masukkan nama yang sudah menyatakan siap saja," tegasnya.