Pemkab Barsel terima Penghargaan Perlindungan Hutan Gambut

id Pemkab barsel, pemerintah kabupaten, barito selatan, buntok, penghargaan, lahan gambut,Karhutla, kebakaran hutan, kebakaran lahan, restorasi gambut, k

Pemkab Barsel terima Penghargaan Perlindungan Hutan Gambut

Kepala DLH barsel, Edi Kristianto. (Foto Istimewa)

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, KalimantanTengah menerima Penghargaan Perlindungan Hutan Gambut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Penghargaan itu, diserahkan oleh KLHK RI kepada pemkab melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barito Selatan beberapa waktu lalu, kata Kepala DLH Barsel Edi Kristianto di Buntok, Minggu.

"Penghargaan diserahkan, karena Barsel termasuk kabupaten yang menerima dan melaksanakan restorasi gambut, yakni di wilayah Kecamatan Dusun Hilir, salah satunya di Desa Sungai Jaya," katanya di sela kegiatan kerja.

Desa-desa yang menerima kegiatan restorasi gambut itu, ada pekerjaan pembangunan sumur bor dan sekat kanal. Tidak ada kriteria khusus atas penerimaan penghargaan tersebut, karena semua yang menerima kegiatan restorasi gambut memang diberikan penghargaan.

Restorasi gambut, lanjut dia, bertujuan untuk mengembalikan fungsi ekologi lahan gambut dan menyejahterakan masyarakat. Adapun upaya restorasi gambut dilakukan melalui tiga pendekatan.

Yakni pembasahan, penanaman ulang dan meravitalisasi sumber mata pencaharian masyarakat setempat. Selanjutnya aset hasil kegiatan restorasi gambut, diserahkan ke desa untuk dikelola dan digunakan untuk menjaga lahan gambut agar tidak mengalami kebakaran.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan diterimanya penghargaan itu, juga diharapkan menjadi motivasi bagi semua pihak yang ada di Barsel, termasuk masyarakat.

Agar kedepan bisa lebih semangat lagi untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), maupun kegiatan perusakan lingkungan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barsel Alip Suraya menerangkan, diantara enam kecamatan di Barsel, terdapat dua kecamatan yakni Jenamas dan Dusun Hilir yang memiliki kedalaman gambut sekitar 12 meter.

"Bahkan kedua kecamatan ini menjadi pantauan pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB di Jakarta," ungkapnya saat memaparkan secara singkat kondisi lahan gambut di Barsel.