Gubernur apresiasi Seruyan sudah tidak menjadi kabupaten tertinggal

id Pemkab seruyan, pemerintah kabupaten, seruyan, kuala pembuang, hari jadi, kabupaten tertinggal, entaskan, prestasi

Gubernur apresiasi Seruyan sudah tidak menjadi kabupaten tertinggal

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat kegiatan temu ramah dalam rangkaian peringatan hari jadi ke-17 tahun Kabupaten Seruyan di Kuala Pembuang, Senin, (5/8/2019). (Foto Humas Pemprov Kalteng)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengapresiasi kinerja dan upaya maksimal yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Seruyan, hingga pada akhirnya daerah itu tidak lagi berstatus sebagai kabupaten tertinggal.

"Ini bukti dari komitmen yang kuat serta kinerja yang maksimal dari pemerintah kabupaten, agar Seruyan bisa terentaskan dari statusnya sebagai kabupaten tertinggal," katanya saat menghadiri hari jadi ke-17 tahun Seruyan di Kuala Pembuang, Senin.

Seruyan menjadi salah satu Kabupaten yang terentaskan dari status kabupaten tertinggal, berdasarkan keputusan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI nomor 75 tahun 2019.

Sugianto menyebut, bukti nyata dari kinerja maksimal yang telah ditunjukkan pemerintah kabupaten, juga dengan berbagai raihan prestasi di bidang lainnya. Diantaranya, mendapat Penghargaan Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara RI.

Kemudian, diraihnya penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Delapan, sebagai pengelola kepegawaian terbaik untuk kategori pembinaan disiplin aparatur sipil negara.

"Pemkab Seruyan juga berhasil menerima Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi 2018 dari Ombudsman RI, sekaligus ditetapkan sebagai zona hijau terhadap standar pelayanan publik," jelasnya.

Bahkan ekonomi makro Seruyan menunjukkan perkembangan positif, yakni pertumbuhan ekonomi berdasarkan data tahun 2017, mencapai 5,15 persen, gini ratio berubah dari tahun ke tahun dan pada tahun 2017 sebesar 0,288 persen.

Selanjutnya, presentase penduduk miskin mengalami penurunan, dari sebesar 7,46 persen pada tahun 2017, menjadi 7,43 persen pada tahun 2018. Serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan dan pada tahun 2018 mencapai 67,04.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada seluruh warga Seruyan, untuk menjadikan peringatan hari jadi kabupaten sebagai semangat baru, dalam rangka mewujudkan percepatan pembangunan seperti yang dicita-citakan.

"Untuk mewujudkan hal itu, perlu semangat kebersamaan, kerja keras, kekompakan dan partisipasi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat," tegasnya.