Kemeriahan penyambutan Presiden Jokowi dan Megawati di Bali

id jokowi,megawati,kongres pdip,Kemeriahan penyambutan Jokowi dan Megawati di Bali

Presiden Joko Widodo saat memasuki tempat Kongres V PDIP, usai disambut 500 penari Pendet (Antaranews Bali/Ni Luh Rhisma/2019)

Denpasar (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri disambut 500 penari pendet yang merupakan para siswi SMA/SMK di Kota Denpasar, saat tiba di lokasi pelaksanaan Kongres V PDI Perjuangan di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Kamis siang.

Presiden tiba dengan mengenakan pakaian adat Bali berwarna merah, lengkap dengan destar/udeng (ikat kepala khas Bali) berwarna merah, dan juga sebilah keris terselip di punggung. Sementara putri Proklamator RI itu tampil anggun dengan menggunakan balutan busana atasan merah bergambar lambang partai.

Ni Nyoman Rumiani, pelatih penari pendet mengatakan persiapan para penari untuk tampil di acara Kongres V PDI Perjuangan dilakukan dalam waktu yang relatif singkat.

"Saya diberi waktu sekitar seminggu untuk persiapan ini, gladi hanya dilakukan sekali tanggal 6 Agustus lalu," ujar Rumiani yang juga guru SMAN 3 Denpasar itu.

Baca juga: Prabowo dipastikan hadir pada Kongres PDIP di Bali

Untuk proses latihan, video tari Pendet dengan durasi tiga menit telah direkam, kemudian dikirimkan ke SMA/SMK Negeri di Kota Denpasar yang para siswinya mendapat kesempatan menari di hadapan Presiden untuk dijadikan acuan dalam latihan.
 
Presiden Joko Widodo saat memasuki tempat Kongres V PDIP, usai disambut 500 penari Pendet (Antaranews Bali/Ni Luh Rhisma/2019)


"Gladi hanya sekali pada tanggal 6 lalu selama dua jam. Namun saya bangga karena para pelajar sudah tampil dengan sangat baik," ujar Rumiani yang juga Koordinator MGMP Bidang Seni SMA di Kota Denpasar itu.

Untuk penampilan tari Pendet tersebut sengaja menggunakan durasi yang tiga menit, dengan tanpa posisi tari duduk.

"Kalau tarian utuhnya itu durasinya tujuh menit. Tetapi permintaan dari DPP PDIP yang meminta agar tari penyambutan tidak terlalu lama," kata wanita yang sebelumnya juga memimpin penampilan 2.500 penari Pendet saat Presiden mengunjungi Pasar Badung Kota Denpasar beberapa waktu lalu.

Selain disambut tari Pendet, kedatangan Presiden dan Megawati juga disambut gamelan Jegog khas Kabupaten Jembrana dan juga puluhan pemain Okokan dari Kabupaten Tabanan.

Megawati datang didampingi putrinya Puan Maharani, sedangkan Presiden Joko Widodo tampak didampingi Sekjen DPD PDIP Hasto Kristiyanto dan Gubernur Bali Wayan Koster saat memasuki lokasi kongres.

Baca juga: Salahgunakan 'kekuasaan' untuk korupsi, DPP PDIP siap pecat kadernya
Baca juga: Pemkot diminta terbitkan intruksi pemasangan bendera merah putih

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar