Masuk bulan vitamin A, para ibu diminta bawa anak ke posyandu

id bulan vitamin a,posyandu,puskesmas,Masuk bulan vitamin A, para ibu diminta bawa anak ke posyandu

Ketua TP PKK Kabupaten Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya S Monong memberikan kapsul vitamin A kepada murid PAUD Sinar Kasih Kuala Kurun, Jumat (9/8/2019). (Foto : Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua TP PKK Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Mimie Mariatie Jaya S Monong mengajak para ibu agar membawa anak mereka ke posyandu atau puskesmas, untuk mendapat kapsul vitamin A.

“Bulan vitamin A dilakukan setiap Februari dan Agustus. Saya imbau para ibu agar membawa anak ke posyandu atau puskesmas, guna mendapat kapsul vitamin A,” ucap Mimie saat mengunjungi Posyandu dan PAUD Sinar Kasih Kuala Kurun, Jumat.

Dia mengatakan, anak yang dimaksud disini adalah anak berusia enam bulan sampai lima tahun. Nantinya, anak usia enam sampai 11 bulan akan mendapat kapsul biru dan anak usia 12 bulan sampai lima tahun mendapat kapsul merah.

Vitamin A, lanjutnya, sangat bermanfaat bagi kesehatan anak. Para ibu diminta membawa anak mereka ke posyandu atau puskesmas untuk mendapat kapsul vitamin A, setiap Februari dan Agustus.

Baca juga: Apa saja manfaat Vitamin A untuk tubuh?

Disamping itu, dia mengimbau para ibu agar secara rutin membawa anak mereka yang masih bayi dan bawah lima tahun ke posyandu. Dengan demikian, pertumbuhan bayi dan balita dapat terpantau serta mendapat berbagai imunisasi dasar.

Pada kesempatan ini Mimie juga menyalurkan bantuan berupa peralatan penunjang kepada Posyandu dan PAUD Sinar Kasih. Bantuan ini diberikan mengingat Posyandu dan PAUD Sinar Kasih merupakan posyandu binaan TP PKK Kabupaten Gumas.

“Peralatan penunjang yang kami salurkan untuk Posyandu Sinar Kasih diantaranya timbangan bayi, pengukur tinggi badan, dan beberapa lainnya. Rencananya kedepan juga akan dilakukan beberapa pembenahan bangunan,” bebernya.

Baca juga: Benarkah suplemen juga berbahaya untuk tubuh?

Kader Posyandu Sinar Kasih Kuala Kurun Iceu Purnamasari menyambut baik kunjungan TP PKK Kabupaten Gumas. Dia berharap kunjungan dapat dilakukan secara rutin, sehingga kedepan Posyandu Sinar Kasih dapat semakin baik.

“Kami mengucapkan terimakasih. Kami harap kunjungan ini bukan kunjungan pertama dan terakhir, mengingat Posyandu dan PAUD Sinar Kasih merupakan binaan TP PKK Kabupaten Gunung Mas,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gumas Maria Efianti mengatakan kapsul vitamin A bagi anak usia enam bulan hingga lima tahun dapat diperoleh secara gratis alias tidak dipungut biaya, di posyandu atau puskesmas terdekat.

“Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, terutama untuk mencegah kebutaan akibat kekurangan vitamin A. Jadi bawa anak usia enam bulan hingga lima tahun ke posyandu atau puskesmas, untuk mendapat kapsul vitamin A,” demikian Maria.

Baca juga: Hati-hati, kelebihan vitamin A sebabkan sakit tulang
Baca juga: Konsumsi jeruk untuk jaga daya pandang

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar