Pelajar Kapuas diajari pengetahuan penanganan sampah di lingkungan sekolah

id Pelajar Kapuas diajari pengetahuan penanganan sampah di lingkungan sekolah,Kuala Kapuas,Organik

Pelajar Kapuas diajari pengetahuan penanganan sampah di lingkungan sekolah

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPRPKP Kapuas Ahmad Isnaini, saat memberikan pupuk organik cair dan buku panduan tata cara penggunaan dan pemanfaatan pengurangan dan penanganan sampah di skala lingkungan sekolah, Jumat (9/8/2019. (Foto Antara Kalteng/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, memberikan sosialisasi kepada pelajar di sejumlah sekolah di daerah setempat tentang pengelolaan sampah di lingkungan sekolah.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk pengurangan dan penanganan sampah di skala lingkungan sekolah khususnya pengomposan. Dengan harapan turut serta mendukung agar lingkungan sekolah menjadi sekolah bersih dan sehat,” ucap Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas Ahmad Isnaini di Kuala Kapuas, Jum’at.

Pria yang akrab disapa Isnaini ini mengatakan, kegiatan yang dilakukan pihaknya juga sebagai inplementasi dari kebijakan strategi daerah yang berdasarkan turunan dari Peraturan Presiden melalui kebijakan strategi nasional untuk pengurangan dan penanganan sampah.

“Kita berharap dengan disosialisasikan seperti ini dan pemanfaatannya bisa berhasil, salah satu mendukung sekolah tersebut menjadi sekolah sehat hingga sampai ke tingkat nasional,” ucapnya.

Isnaini menambahkan, dalam sosialisasi ke sejumlah sekolah saat itu, mendapat sambutan baik dan antusias dari pihak sekolah maupun para siswa siswi yang ada di sekolah tersebut.

“Ada sebanyak 12 sekolah yang kami kunjungi dan kami berikan sosialisasi tentang pembatasan sampah di lingkungan sekolah, diantaranya satu sekolah taman kanak-kanak (TK), dua SD, lima SMP dan empat SMA,” katanya.

Sementara itu, Gajali Rahman, salah satu perwakilan Sekolah MAN Selat Kuala Kapuas, sangat menyambut baik adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas.

“Terima kasih kepada Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPRPKP Kapuas yang telah memberikan sosialisasi ke sekolah kami ini, dengan harapan apa yang didapatkan ini akan kami terapkan di sekolah,”demikian Gajali Rahman.

Sementara dalam kegiatan sosialisasi tersebut, adanya pemberian pupuk organik cair dan buku panduan tata cara penggunaan dan pemanfaatan pengurangan dan penanganan sampah di skala lingkungan sekolah yang diberikan secara gratis oleh Dinas PUPRPKP Kapuas kepada masing-masing sekolah yang dikunjungi.