Hewan kurban di Barito Timur laik

id Hewan kurban di Barito Timur laik,Idul Adha,Sapi kurban,Hewan kurban

Hewan kurban di Barito Timur laik

Salah satu sapi yang sudah dikarantika dan diperiksa kesehatannya oleh petugas kesehatan hewan Dinas Pertanian Barito Timur. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah melalui Dinas Pertanian menyatakan bahwa hewan kurban di daerah itu laik dipotong untuk ibadah kurban.

"Tim sudah ditugaskan dua pekan sebelum hari raya Idul Adha untuk memeriksa ke seluruh peternakan dan penjual hewan kurban serta hewan kurban yang dibagikan pemerintah daerah," kata Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Riza Rahmadi di Tamiang Layang, Minggu.

Dinas Pertanian menugaskan 19 petugas kesehatan hewan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban untuk perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah atau 2019. Hasilnya, hewan kurban yang ada di Kabupaten Barito Timur dalam kondisi sehat dan laik.

Hewan kurban yang diperiksa yakni kambing dan sapi. Petugas kesehatan memeriksa pada peternakan sapi di beberapa kecamatan yang ada di Barito Timur.

Penjual pun diingatkan syarat-syarat hewan yang disarankan untuk dijadikan hewan kurban, seperti tidak cacat, sakit atau berpenyakit, sudah cukup umur dan tidak dalam kondisi hamil.

Pengecekan juga dilakukan di tiap masjid dan panitia pelaksana kurban untuk memastikan tidak ada daging hewan kurban yang terjangkit parasit. Jika ditemukan parasit, maka akan dilakukan pengambilan sampel bagian yang mengandung parasit.

"Petugas kesehatan hewan yang sudah melakukan peninjauan pada acara penyembelihan hewan kurban dan akan membuat laporan ke Dinas Pertanian Barito Timur. Sedangkan apabila ada bagian potongan hewan yang berparasit, maka akan diambil untuk dibawa ke kantor Dinas Pertanian Barito Timur," katanya.

Ditambahkan mantan Kepala Dinas Kehutanan Barito Timur itu, berdasarkan hasil laporan sementara, petugas di lapangan menyatakan belum ada menemukan hewan kurban berparasit.

Sebelumnya, petugas kesehatan hewan Dinas Pertanian Barito Timur juga melakukan karantina terhadap 54 ekor hewan kurban yang diadakan pemerintah daerah. Karantina hewan kurban dilakukan di rumah hewan di Bangi Wa'o di Tamiang Layang.

Saat karantina, petugas memeriksa kesehatan hewan kurban, memberikan suntikan vitamin dan melakukan perawatan sementara sebelum hewan dipotong dan dagingnya dibagikan.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar