Daerah ini memotong hewan kurban selama tiga hari

id Hewan kurban, masjid al fatah ambon,Pemotongan hewan kurban,idul adha

Imam Besar Masjid Raya Alfatah Ambon, RR. Hasanusi (ketiga kanan) dan Gubernur Maluku, Murad Ismail (keempat kanan) menyaksikan pemotongan hewan kurban di halaman masjid tersebut, Minggu (11/8/2019). ANTARA/Jimmy Ayal/aa.

Ambon (ANTARA) - Proses pemotongan dan pembagian hewan kurban saat perayaan Idul Adha 1440 Hijriah di Masjid Raya Alfatah Ambon akan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

"Kami menjadwalkan penyembelihan hewan kurban akan berlangsung selama tiga hari, karena sampai tiga hari sesudah hari raya juga dibolehkan sesuai syariah Islam," kata Imam besar masjid Alfatah Ambon, Ustad R.R. Hasanusi, Minggu.

Menurutnya, usai Salat Idul Adha hanya tiga ekor sapi yang disembelih untuk dibagikan kepada warga yang berhak menerimanya. Penyembelihan hewan kurban juga disaksikan langsung oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail.

"Hari ini hanya tiga ekor sapi yang disembelih, termasuk sapi kurban dari Gubernur Maluku, Murad Ismail seberat 800 kilogram," katanya.

Hasanusi mengatakan, sedikitnya 10 ekor sapi yang diterima pihaknya dan merupakan sumbangan berbagai pihak, termasuk seekor sapi jenis "Ongole" seberat 850 Kg yang disumbangkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Sapi kurban yang disumbangkan Presiden Jokowi yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Murad Ismail kemarin (Sabtu), baru akan disembelih pada Senin (12/8)," ujarnya.

Hasanusi membenarkan, hewan kurban yang diterima tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, dan pihaknya telah mengedarkan sebanyak 600 hinga 700 kupon kepada warga yang berhak memperolehnya.

Daging kurbannya akan dibagikan kepada para anak yatim, janda serta fakir miskin, juga kepada pihak Rumah Sakit dan Yayasan Al Fatah, jamaah dan warga sekitar lokasi masjid terbesar di Maluku itu berada.

Hasanusi meminta warga yang menerima daging kurban untuk senantiasa bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT atas kehidupan yang dijalani saat ini, sehingga Allah akan terus memberi berkah.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar