Tim Kalteng Berkah sambangi Katingan terkait rencana pemindahan ibu kota negara

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, kalteng berkah, ibu kota, katingan, kasongan

Tim Percepatan Pembangunan Kalteng Berkah saat bertemu Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang di Kasongan, Senin, (12/8/2019). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Kasongan (ANTARA) - Tim Percepatan Pembangunan Kalimantan Tengah Berkah mengunjungi Kabupaten Katingan yang merupakan salah satu wilayah penyangga wacana pemindahan ibu kota negara.

"Kedatangan kami kesini untuk mencari data tambahan yang diperlukan untuk penguatan calon ibu kota negara yang baru," kata Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kalteng Berkah Laksamana (Purn) Dr Marsetio di Kasongan, Senin.

Kunjungan yang pihaknya lakukan untuk mengumpulkan data yang diperlukan tersebut, tidak hanya memakan waktu satu atau dua hari, namun secara berkelanjutan selama memang diperlukan.

Selain melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang bersama jajaran, pihaknya juga akan meninjau langsung sejumlah lokasi di lapangan, salah satunya Desa Buntut Bali, Kecamatan Pulau Malan.

Anggota Tim Percepatan Pembangunan Kalteng Berkah Bulkani menjelaskan, sejumlah poin penting yang ingin pihaknya dapatkan, yakni memastikan kesiapan dari berbagai sektor, seperti lahan, sosiologis, hingga potensi daya dukung wilayah.

"Kemudian informasi pasti terkait langkah-langkah yang dilakukan Pemkab Katingan, misalnya sosialisasi agar masyarakat tidak terkejut dengan adanya wacana tersebut," ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang mengatakan, pihaknya menyambut baik kedatangan Tim Percepatan Kalteng Berkah, terlebih tujuannya untuk melengkapi data-data yang diperlukan terkait wacana pemindahan ibu kota negara.

"Selama ini upaya yang telah kami lakukan, adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dalam sosialisasi itu memang masih mendapatkan berbagai respon yang beragam, mulai dari yang mendukung hingga belum yakin," ungkapnya.

Namun pihaknya terus berupaya memberikan informasi positif kepada seluruh lapisan masyarakat terkait hal itu, mengingat akan banyak manfaat yang didapat jika Kalteng terpilih sebagai ibu kota negara. Utamanya berupa pembangunan infrastruktur yang jauh lebih pesat dibandingkan saat ini.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar