Polres Kotim bentuk satuan tugas perkuat penanggulangan karhutla

id Polres Kotim bentuk satuan tugas perkuat penanggulangan karhutla,Karhutla,Kebakaran lahan,Polres Kotim,Kotawaringin Timur,Mohammad Rommel

Polres Kotim bentuk satuan tugas perkuat penanggulangan karhutla

Satgas Karhutla Polres Kotawaringin Timur mengikuti pelatihan teknik pemadaman kebakaran lahan, Sabtu (10/8/2019). (Foto Polres Kotim)

Sampit (ANTARA) - Kepolisian Resor Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah membentuk satuan tugas untuk membantu memperkuat penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.

"Satgas (satuan tugas) yang kami bentuk ini bukan untuk menyaingi Satgas Terpadu, tetapi justru untuk memperkuat Satgas Terpadu. Kami memiliki personel yang selalu siap jika sewaktu-waktu bisa diperbantukan jika dibutuhkan," kata Kapolres AKBP Mohammad Rommel di Sampit, Senin.

Rommel menjelaskan, ada 157 personel yang masuk dalam Satgas Karhutla Kotawaringin Timur. Mereka bertugas di bidang masing-masing, namun jika dibutuhkan, mereka selalu siap siaga diperbantukan memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

Pembentukan Satgas Karhutla tersebut merupakan bentuk keseriusan Polres Kotawaringin Timur membantu pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Satgas Karhutla tidak termasuk personel yang sebelumnya sudah ditugaskan bergabung dalam Satgas Terpadu di tingkat kabupaten dan kecamatan.

Pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan menjadi tanggung jawab semua pihak. Masyarakat juga diharapkan turut membantu karena pemerintah tidak akan mampu berbuat maksimal tanpa dukungan masyarakat.

Rommel berharap Satgas Karhutla Polres Kotawaringin Timur bisa membantu memaksimalkan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan sehingga kebakaran dan asap bisa ditanggulangi.

"Satgas Karhutla Polres sifatnya mem-back up. Kapan dibutuhkan, maka Kabag Ops bisa mengarahkan bantuan personel ke sana. Masih ada personel yang bisa diarahkan membantu pemadaman," tegas Rommel.

Kepala Bagian Operasional Polres Kotawaringin Timur AKP Boni Ariefianto mengatakan, Posko Karhutla Polres Kotawaringin Timur sudah menyiapkan personel membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Satgas selalu siap membantu kapanpun dibutuhkan.

Baca juga: Polres Kotim pasang garis polisi 71 lokasi kebakaran lahan

Baca juga: Potensi kebakaran lahan di Kotim semakin tinggi


"Personel kami mengikuti pelatihan penggunaan peralatan pemadam kebakaran dan teknis pemadaman api sehingga mereka memahami cara yang benar ketika terjun ke lapangan membantu pemadaman kebakaran lahan," kata Boni.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotawaringin Timur Muhammad Yusuf mengapresiasi pembentukan Satgas Karhutla Polres Kotawaringin Timur. Satgas tersebut akan sangat membantu memaksimalkan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

"Personel yang ada saat ini tidak mencukupi jika dibanding banyaknya kebakaran lahan yang harus dipadamkan. Awalnya empat regu yang disiapkan, cukup saja, tapi dengan meningkatnya kebakaran lahan saat ini jumlah itu tidak cukup lagi," demikian Yusuf.