PKK Bartim diminta aktif mendorong kemandirian masyarakat

id kabupaten barito timur,bartim,wakil bupati bartim,pkk bartim,Habib Said Abdul Saleh

Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh mewakili Dewan Pembina PKK, menyerahkan uang pembinaan kepada keder PKK disaksikan Ketua PKK Bartim Munita Mustika Dewi dan Ketua GOW Bartim Syarifah Maimunah di acara Jambore Kader PKK di Tamiang Layang, Selasa. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Habib Said Abdul Saleh mengharapkan sekaligus meminta tim penggerak PKK setempat, agar ikut serta mampu mendorong kemandirian masyarakat dalam mewujudkan keluarga sejahtera.

"Mendorong kemandirian masyarakat dalam mewujudkan keluarga sejahtera itu tentunya melalui program yang melekat pada PKK, yakni 10 program PKK," kata Saleh usai pembukaan Jambore PKK di Tamiang Layang, Selasa.

Progran PKK yang dilaksanakan yakni penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

Semua program PKK sudah mencakup semua kegiatan yang mampu menjadi bagian dari pembangunan nasional yang terus-menerus, pada tingkatan paling bawah yaitu dalam kelompok-kelompok pedesaan.

"Untuk melaksanakan 10 program tersebut, PKK membentuk empat kelompok kerja yang menangani tugas masing-masing. Dalam pelaksanaannya, PKK mendapatkan dukungan dana dari Pemkab Bartim," kata Saleh.

Menurut dia, karena menyangkut dana pemerintah (APBD), maka sangat diharapkan bisa dipertanggungjawabkan pelaksanaan program PKK hendaknya mengacu sesuai  Permendagri nomor 1 tahun 2013 tentang pemberdayaan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Baca juga: Hanya 24 anggota DPRD Barito Timur yang dilantik Rabu

Ditambahkan Habib Saleh, dengan dukungan yang besar dari semua dinas-dinas terkait maka PKK harus mampu meningkatkan peran pengetahuan dan kemandirian sehingga bisa memberikan sumbangan yang sebesar-besarnya bagi pembangunan bangsa.

Ketua PKK Barito Timur Munita Mustika Dewi mengatakan, PKK saat ini terus mendukung program pemerintah daerah untuk mencapai keluarga sejahtera.

"Ada banyak prestasi yang dicapai selama ini baik itu tingkat kabupaten, provinsi hingga ke tingkat nasional dalam beberapa tahun ini," kata Munita.

PKK Kecamatan Dusun Tengah telah menjadi juara umum untuk lomba pelaksanaan 10 program PKK tingkat kabupaten dan mewakili Kabupaten Barito Timur pada lomba pelaksanaan program pokok PKK tingkat Provinsi Kalimantan Tengah nanti.

PKK Kecamatan Dusun Tengah diharapkan bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi lomba itu agar berhasil membawa prestasi dan nama baik Kabupaten Barito Timur bahkan sampai ke tingkat nasional.

"Harapan kami juga bahwa dengan kegiatan Jambore Kader PKK tahun ini bisa memberi motivasi kepada para pengurus dan kader PKK sampai ke desa, bisa semakin meningkat prestasi dan partisipasinya untuk mencapai cita-cita keluarga sejahtera," demikian Munita.

Baca juga: DPRD Bartim setujui Raperda tentang pengelolaan barang milik daerah

Baca juga: Satu orang jemaah calon haji Bartim alami kecopetan

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar