DPRD dorong pemkab naikkan gaji ketua RT di Seruyan

id Dprd seruyan, kuala pembuang, ketua rt, pemkab, pemerintah kabupaten, gaji, upah, kamtibmas, arrahman

Ilustrasi. (AntaraNews/Diasty Surjanto)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Arrahman mendorong, agar pemerintah kabupaten bisa menaikkan gaji yang diterima oleh ketua rukun tetangga (RT) di setiap daerah.

"Beban para ketua RT itu cukup berat, karena mereka bersentuhan langsung dengan warga dalam berbagai hal. Jadi sudah selayaknya mereka mendapatkan penghasilan yang lebih baik," katanya di Kuala Pembuang, Selasa.

Pemerintah kabupaten harus melakukannya sesuai peraturan yang berlaku, yakni tidak dianggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), namun dianggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

Setiap desa sudah mengelola keuangan desa secara otonom, jadi sudah seharusnya kebutuhan itu dimasukkan ke dalam Anggaran Dana Desa (ADD).

"Gaji Rp500 ribu sebenarnya kurang, hanya saja mereka memang perlu perhatian dari pemerintah kabupaten. Jadi, kalau ditambah Rp150 ribu kami akan mendukung," ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Jika nantinya gaji yang diterima para ketua RT semakin membaik, tentu pihaknya berharap agar kinerja mereka pun meningkat. Utamanya dalam pengawasan di lingkungan sekitarnya.

Hendaknya ketua RT bisa mengakomodir keperluan maupun kepentingan lingkungan serta warganya, guna menciptakan rasa nyaman dan aman. Selain itu pengawasan terhadap warga tidak kenal yang datang hendaknya dilakukan dengan baik.

"Bagi warga yang berasal dari luar, ketua RT harus bisa memastikan tujuan kedatangan mereka, guna mencegah atau menghindari kejadian yang tidak diinginkan," tuturnya.

Warga pun diminta mendukung kinerja dari para ketua RT di lapangan. Penegakkan setiap aturan wajib didukung, demi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang baik.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar