Legislator muda diharapkan memberi semangat baru kinerja DPRD Kotim

id Legislator muda diharapkan memberi semangat baru kinerja DPRD Kotim,DPRD Kotim,Riskon Fabiansyah,Sampit

Riskon Fabiansyah dan istri bersama pengurus KNPI Kotim dan Karang Taruna Kotim saat tiba di gedung DPRD sebelum pelantikan, Rabu (14/8/2019). (Foto Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Dilantiknya sejumlah tokoh muda menjadi DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah periode 2019-2024 diharapkan membawa dampak positif dan memberi semangat baru bagi lembaga wakil rakyat tersebut.

"Kami bangga karena ada tokoh muda yang terpilih dan sudah dilantik menjadi anggota DPRD Kotawaringin Timur. Kehadiran mereka tentu akan memberi warna dalam kinerja para wakil rakyat," kata Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Kotawaringin Timur Endra Rosana di Sampit, Rabu.

Sebanyak 40 anggota DPRD Kotawaringin Timur periode 2019-2024 telah dilantik pada Rabu pagi. Sekitar 25 persen dari para wakil rakyat tersebut merupakan tokoh muda dengan berbagai latar belakang profesi.

Kini mereka resmi bertugas sebagai wakil rakyat untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat. Kehadiran politisi muda diharapkan mampu membawa pengaruh positif terhadap kinerja DPRD.

Endra berharap, politisi muda berkontribusi melalui pemikiran-pemikiran yang lebih maju. Bagi generasi muda, para politisi muda tersebut diharapkan bisa menjadi penyambung aspirasi pemuda karena mereka tentu memahami apa saja yang perlu diperjuangkan dalam mendorong kemajuan dan kemandirian pemuda di kabupaten ini.

"Karena PR (pekerjaan rumah) pemuda ke depan di era revolusi industri 4.0 ini makin dituntut untuk terus berkarya, khususnya membangun manusianya dalam peningkatan sumber daya manusia," kata Endra.

Salah satu politisi muda yang terpilih menjadi anggota DPRD Kotawaringin Timur periode 2019-2024 Riskon Fabiansyah menyampaikan terima kasihnya atas kepercayaan masyarakat kepadanya. Dia akan berusaha maksimal menjalankan tugas dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

"Saya juga berterima kasih atas dukungan kawan-kawan pemuda. Semoga ini menjadi spirit baru dari pemuda untuk memberikan warna dalam pengambilan kebijakan dan sebagai salah satu tanda bahwa pemuda bisa dan mampu menjadi alternatif pemimpin sebagai penyambung aspirasi masyarakat," kata tokoh muda yang akrab disapa Eko Syailendra.

Kedatangan Riskon ke gedung DPRD Kotawaringin Timur sebelum pelantikan menjadi perhatian undangan yang hadir. Kebetulan Riskon dan istrinya datang bersamaan dengan sejumlah pengurus KNPI dan Karang Taruna Kotawaringin Timur sehingga seakan menggambarkan kekompakan dan sinergitas pemuda di kabupaten ini untuk berkontribusi membangun daerah.

Riskon merupakan pengusaha muda yang aktif di berbagai organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan, salah satunya sebagai Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia Kotawaringin Timur. Dengan pengalaman yang dimiliki, Riskon berharap bisa berkontribusi terhadap masyarakat dan daerah.

Menurutnya, dari 40 anggota dewan yang dilantik, sebanyak 24 orang adalah "wajah baru" dan hampir rata-rata adalah kaum muda yang enerjik dan mempunyai pengalaman dalam berorganisasi.

Riskon yakin anggota dewan yang baru pertama kali menjadi legislator akan cepat beradaptasi dengan tugas-tugas legislatif dan bersinergi dengan politisi yang kembali terpilih menjadi anggota dewan.

Pengawasan optimal diharapkan dapat mengawal agar program-program yang sudah dirancang untuk anggaran tahun depan tidak terhambat. Riskon berharap dengan banyak tambahan anggota baru di legislatif akan bisa dan mampu melahirkan ide dan gagasan yang brilian guna percepatan pembangunan sesuai dengan motto pemerintah saat ini yakni Bergerak Cepat Membangun Kotawaringin Timur.

"Ke depan, kami akan memaksimalkan fungsi legislatif, terutama dalam fungsi pengawasan agar apa yang sudah dianggarkan oleh pemerintah daerah tepat sasaran. Kami siap mendukung program-program eksekutif yang pro terhadap kepentingan masyarakat, tetapi kami juga siap menjadi yang terdepan mengkritisi secara objektif apabila ada kebijakan eksekutif yang kurang tepat sasaran," tegas Riskon.

Baca juga: 40 anggota DPRD Kotim periode 2019-2024 resmi bertugas

Sementara itu, nama anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur daerah pemilihan 1 meliputi Kecamatan Mentawa Baru Ketapang yaitu Bima Santoso (PKB), Sutik (Gerindra), Modika Latifah Munawarah (PDIP), Riskon Fabiansyah (Golkar), Pardamean Gultom (Nasdem), Suprianto (PKS),
Muhammad Rudini Darwan Ali (PAN), Muhammad Kurniawan Anwar (PAN), Khozaini (Hanura), S Parningotan Lumban Gaol (Demokrat).

Anggota DPRD dari daerah pemilihan 2 meliputi Kecamatan Baamang dan Seranau yaitu Rambat (PKB), Sanidin (Gerindra), Agus Seruyantara (PDIP), Rinie (PDIP), H Abdul Kadir (Golkar), Syahbana (Nasdem), Dadang Siswanto (PAN) dan Handoyo J Wibowo (Demokrat).

Anggota DPRD dari daerah pemilihan 3 meliputi Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut, yaitu Hj Rusmawati (Gerindra), H Bardiansyah (PDIP), Hj Darmawati (Golkar), Rudianur (Golkar), H Ramli (Nasdem), H Bunyamin (PAN) dan Linda (Demokrat).

Anggota DPRD dari daerah pemilihan 4 meliputi Kecamatan Kotabesi, Telawang, Cempaga dan Cempaga Hulu yaitu H Hademan (PKB), H Ary Dewar (Gerindra), Paisal Damarsing (PDIP), Rimbun (PDIP), Muhammad Arsyad (Golkar), Megawati (PAN) dan Parimus (Demokrat).

Anggota DPRD dari daerah pemilihan 5 meliputi Kecamatan Parenggean, Antang Kalang, Telaga Antang, Mentaya Hulu, Tualan Hulu dan Bukit Satuai yaitu Muhammad Abadi (PKB), Juliansyah (Gerindra), Cici Desylia (PDIP), Nadir (Golkar), Jabiden Nadeak (Nasdem), Hendra Sia (Perindo), Hairis Salamad (PAN) dan Anang Kapeliyus (Demokrat).


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar