Barito Utara gelar lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan

id cerdad cermat wawasan kewaspadaan barut,wakil bupati barito utara sugianto,kesbangpol barito utara

Barito Utara gelar lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra di dampingi Sekda H Jainal Abidin dan unsur FKPD ketika memberikan pertanyaan kepada para pelajar yang mengikuti Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan di gedung balai Antang Muara Teweh, Rabu (14/8/19). (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menggelar kegiatan lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan yang diikuti siswa tingkat SLTA di daerah setempat.

"Lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan tingkat SLTA Sederajat ini dalam upaya meningkatkan wawasan kebangsaan dikalangan pelajar di Kabupaten Barito Utara. Oleh karena itu saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan ini," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra di Muara Teweh, Rabu.

Bupati juga berharap agar kegiatan lomba ini dapat memberikan motivasi kepada generasi  muda dalam hal ini siswa dan siswi SLTA se- Kabupaten Barito Utara untuk selalu membekali diri dengan pengetahuan, nilai, sikap serta perilaku yang berwawasan kebangsaan.

Dan juga dalam cara berpikir, bersikap dan bertindak menghadapi, menyikapi atau menanggapi berbagai permasalahan menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Selain itu dapat menumbuhkan keteguhan menjaga semangat kebangsaan dan kebhinekaan untuk merekatkan persatuan bangsa. Kepada peserta lomba, saya ucapkan selamat bertanding, jagalah sportivitas dan kebersamaan yang telah terjalin dengan baik selama ini," katanya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Barito Utara  Langkap Umar mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan dan memantapkan kesadaran secara dini melalui sekolah tentang pentingnya nilai-nilai nasionalisme, cinta tanah air dan patriotisme terhadap bangsa dan negara.

Selain itu kaya Langkap meningkatkan pemahaman generasi muda tentang wawasan kebangsaan, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif untuk membangun semangat kompetisi yang sehat antar sekolah.

Cerdas cermat wawasan kebangsaan ini diikuti sebanyak 12 sekolah tingkat SLTA Sederajat yang ada di Barito Utara. Sekolah tersebut yaitu Kecamatan Teweh Tengah diikuti enam sekolah, Kecamatan Teweh Baru, Teweh Selatan dan Gunung Timang masing-masing diikuti dua sekolah dan Kecamatan Lahei satu sekolah.

Pembukaan lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan dihadiri Sekda H Jainal Abidin, unsur FKPD yang mewakili, guru pendamping, para pelajar peserta lomba dan undangan lainnya.