BPD dan kades jangan sering berselisih, kata Bupati Gumas

id kabupaten gunung mas,gumas,bupati gumas,jaya s monong,kepala desa di gumas,anggota bpd

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong (kiri) menyerahkan SK keanggotaan BPD kepada salah seorang anggota BPD di Kecamatan Manuhing Raya, Selasa (13/8/2019). (Foto DPMD Kabupaten Gunung Mas)

Kuala Kurun, Gunung Mas (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengingatkan seluruh pimpinan dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta kepala desa, menjaga dan menjalin hubungan yang harmonis serta tidak sering berselisihan.

"BPD dan kades saya ingatkan agar bekerjasama secara harmonis dan tidak berlawanan dalam menentukan dan pengambilan kebijakan di desa," ucap Jaya saat dibincangi di Kuala Kurun, Rabu.

Dikatakan, kades merupakan kepala pemerintahan desa dan BPD merupakan wakil rakyat di desa sebagai penyeimbang. Oleh sebab itu, hubungan antara kades dan BPD harus terjalin dengan baik.

Jaya mengatakan BPD pun diharapkan menjadi wadah politik baru bagi warga desa dan membangun tradisi demokrasi. Sebab, BPD mempunyai fungsi sebagai kontrol dan pengawasan dalam setiap pembuatan kebijakan publik di tingkat desa.

Pada Selasa (13/8) lalu, Bupati Gumas juga baru saja meresmikan keanggotaan BPD se-Kecamatan Manuhing Raya. Diapun berpesan kepada BPD yang baru saja diresmikan keanggotaannya agar selalu mengingat sumpah/janji yang sudah diucapkan.

"BPD saya harapkan agar juga turut berperan aktif dalam membangun desa, bersama-sama dengan kepala desa dan masyarakat desa. BPD hendaknya selalu memiliki hati yang melayani tanpa pamrih," kata Jaya.

Baca juga: Partisipasi masyarakat berpengaruh terhadap jalannya pembangunan

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gumas Yulius Agau menerangkan, keanggotaan BPD di Kecamatan Manuhing Raya yang baru saja diresmikan adalah BPD Luwuk Tukau, Tumbang Oroi, Tumbang Samui, Putat Durei, dan Tumbang Mantuhe.

Dia mengatakan keanggotaan BPD Luwuk Tukau adalah Restumulia, Kudut, Yulitae, Suwandi, dan Tetriyani. Selanjutnya, untuk keanggotaan BPD Tumbang Oroi adalah Agustan Dego, Manis, Miser, Canto, dan Iswanto.

Keanggotaan BPD Tumbang Samui adalah Iswandi, Riamsi, Rolie, Arius, dan Rimpun. Keanggotaan BPD Putat Durei adalah Mardino, Sepie, Nahory Yanto, Bedsie, dan Priska. Keanggotaan BPD Tumbang Mantuhe adalah Githo Hartanto, Nyalung, Santie, Sasie, dan Trisno.

"Secara keseluruhan ada 25 anggota BPD se-Kecamatan Manuhing Raya yang baru saja diresmikan keanggotaannya. Mereka terdiri dari 10 orang anggota BPD perempuan dan 15 orang anggota BPD laki-laki," demikian Yulius.

Baca juga: DPRD Gumas: Perayaan HUT Kemerdekaan RI untuk jalin kebersamaan

Baca juga: Data SDMK harus selalu diperbaharui, kata Kepala Dinkes Gumas

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar