Kwarcab Pramuka Bartim bersinergi menciptakan generasi kuat dan handal

id Pemkab bartim, bartim, tamiang layang, bupati, ampera ay mebas, pramuka, dasa dharma, tri satya, kwarcab, generasi muda

Kwarcab Pramuka Bartim bersinergi menciptakan generasi kuat dan handal

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menyematkan satya lencana bakti pramuka kepada pengurus pramuka Kwarcab Barito Timur di Tamiang Layang, Rabu, (14/8/2019). (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas mengatakan, gerakan pramuka Kwartir Cabang Barito Timur terus bersinergi dengan pemerintah kabupaten, guna menciptakan generasi yang kuat dan handal.

"Gerakan Pramuka Kwarcab Barito Timur mendukung program pemkab dan terus bersinergi dalam berbagai hal, diantaranya menciptakan generasi muda yang kuat dan handal secara berkelanjutan," katanya di Tamiang Layang, Rabu.

Menurut Ampera, gerakan pramuka juga menciptakan pendidikan anak berkarakter bagi generasi muda. Karakter sangat diperlukan, sebagai ciri khas anak bangsa kedepannya.

Untuk itu, pemkab terus berupaya mendorong pramuka agar terus berkarya dan menularkan Dasa Dharma Pramuka serta Tri Satya Pramuka pada generasi anak bangsa. Pengembangan Dasa Dharma Pramuka dalam kehidupan sosial bermasyarakat dan bernegara memiliki nilai yang sangat positif.

Diawali dengan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta sesama, patriotisme, cinta lingkungan, tangguh, tangkas, disiplin dan kuat, hingga menjadi orang yang baik dalam perkataan maupun perbuatan.

Hal ini memberi gambaran, agar generasi bangsa selanjutnya bisa menerapkan perilaku dan sikap sebagaimana Dasa Dharma dan Tri Satya Pramuka.

"Hal ini sejalan dengan dasar negara Indonesia. Untuk itu, kami akan terus mendorong terciptanya karakter anak bangsa yang bertakwa, tangguh, tangkas, kuat dan disiplin," ungkapnya kepada Antara Kalteng.

Ampera juga menegaskan dukungan secara pribadi, menurutnya pramuka merupakan salah satu wadah untuk membina anak bangsa dari tingkatan sekolah dasar, sekolah menengah pratama hingga sekolah menengah atas sederajat.

Langkah ini merupakan antisipasi dan upaya menciptakan ketahanan bangsa Indonesia lebih kuat, melalui pembinaan pramuka yang mengarahkan anak terhindar dari pergaulan bebas dan narkoba.

"Melalui pramuka, kami ingin sinergitas ini mampu menciptakan generasi yang kuat dan handal agar ketahanan bangsa Indonesia lebih kuat," jelas Ampera.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar