Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter, kata Bupati Barsel

id Pemkab barsel, barsel, barito selatan, buntok, eddy raya, pramuka, generasi muda, milenial, pendidikan karakter

Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri. (Foto Istimewa)

Buntok (ANTARA) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah Eddy Raya Samsuri menyebutkan pramuka dapat dijadikan sebagai wadah pendidikan karakter yang tepat bagi generasi muda.

Pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada Satya dan Darma Pramuka, harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan pramuka, sebagai pedoman bersikap dan berperilaku, katanya di Buntok, Rabu.

"Gerakan pramuka di Barsel sejatinya bisa menjadi salah satu pendukung pembangunan, sehingga keberadaan dan perannya haruslah dimaksimalkan," tuturnya.

Dirinya berharap dengan keikutsertaan generasi muda dalam gerakan pramuka, mereka akan mampu meningkatkan kedisiplinan, mengingat kedisiplinan merupakan kunci keberhasilan.

"Melalui pramuka ini juga, kami bisa mengakrabkan diri antara satu sama lain," katanya.

Menurutnya, gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa, tentu harus lebih berperan dalam mendidik generasi milenial dewasa ini.

Gerakan pramuka merupakan wadah tunggal, oleh karena itu semuanya bersatu didalamnya. Ia menambahkan, pada Hari Pramuka ke-58 ini mengangkat tema 'bersama segenap komponen bangsa, gerakan pramuka siap sedia membangun keutuhan NKRI'.

Hal ini menegaskan bahwa gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus mendidik karakter kaum muda Indonesia, agar bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI.

"Semoga gerakan pramuka yang ada di Barsel bisa terus berkembang dan meningkatkan kualitasnya, serta terus berkontribusi menjadikan generasi muda sebagai orang-orang yang handal dan siap menjadi pemimpin di masa depan," tegasnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar