Bupati Bartim minta paskibraka kembangkan patriotisme dan nasionalisme

id kabupaten barito timur,bartim,bupati bartim,ampera ay mebas,paskibraka bartim

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menyematkan lencana paskibraka diacara pengukuhan paskibraka tahun 2019 di Gedung Pertemuan Umum Mantawara di Tamiang Layang, Kamis (15/08) malam. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas meminta pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) terlibat aktif mengembangkan nilai patriotisme dan nasionalisme yang telah diajarkan selama mengikuti pelatihan.

"Kembangkan nilai patriotisme dan nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari dan tularkan kepada keluarga, teman dan lingkungan sekitarnya," kata Ampera usai pengukuhan Paskiraka di Tamiang Layang, Kamis malam.

Menurut dirinya, nilai patriotisme dan nasionalisme sangat penting dipahami dan harus dikembangkan generasi muda. Sebab Patriotisme dan nasionalisme modal dasar untuk memperkokoh bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ampera mengatakan alaupun hanya 20 hari dididik pelatih, baik dari TNI maupun Polri dan panitia paskibra Kabupaten Barito Timur, kiranya patriotisme dan nasionalisme yang didapat, menjadikan putra-putri daerah ini memiliki jiwa besar.

"Bangga menjadi pemuda-pemudi yang mampu mendharma bhaktikan segala jiwa raga, untuk mengisi kemerdekaan negara yang kita cintai ini, dengan menjadi Paskibraka," ucapnya. 

Orang nomor satu di Kabupaten Bartim itu menyebut, tidak semua pemuda-pemudi di daerah ini memiliki kesempatan menjadi Paskibraka. Hanya orang terpilih yang memiliki kesempatan untuk menjadi Paskiraka.

Paskibra yang telah dikukuhkan menandakan telah secara resmi menjadi  Paskibraka Kabupaten Barito Timur tahun 2019 yang akan melaksanakan tugas pada upacara peringatan detik detik proklamasi dan pengibaran bendera merah putih serta upacara penurunan bendera merah putih pada Sabtu (17/08) besok.

Baca juga: 'Disko Pantura' siap semarakkan malam puncak Bartim Expo 2019

"Tugas besok adalah tugas yang berat, namun sangatlah mulia, karena kalian merupakan merupakan tunas-tunas bangsa, harapan bangsa dan negara dengan menunjukkan sikap rela berkorban, meluangkan waktu dan tenaga untuk menjadi Paskibraka," kata Ampera..

Paskibraka telah mewujudkan dharma bhakti kepada bangsa dan negara, sebagaimana para pahlawan dan pendahulu kita yang rela berkorban jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa dan negara.

Ampera secara pribadi dan atas nama jabatan sebagai Bupati Barito Timur mengucapkan terima kasih kepada panitia paskibra, pelatih dan unsur-unsur yang terkait, yang telah memberikan pelatihan dan pembinaan kepada anggota paskibra Kabupaten Barito Timur tahun 2019.

Suasana pengukuhan paskibraka 2019 nampak bersahaja, aman, tertib dan lancar. Acara pengukuhan yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum mantawara itu dipimpin Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas didampingi seluruh Forum Kordinasi Pimpinan Daerah, kepala organisasi perangkat daerah, paskibraka dan masyarakat.

Baca juga: Kwarcab Pramuka Bartim bersinergi menciptakan generasi kuat dan handal

Baca juga: Bupati optimis DPRD Bartim 2019-2024 mendukung kebijakan pembangunan daerah

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar