Kapolres Barito Utara minta masyarakat patuhi aturan Lalu Lintas

id polres barito utara,satlantas polres barut,operasi rutin polres barut

Satlantas Polres Barito Utara ketika melaksanakan kegiatan rutin (razia) kelengkapan surat menyurat kendaraan, di simpang jalan menuju Jembatan KH Hasan Basri Muara Teweh. (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar melalui Kasat Lantas Polres setempat AKP Zulyanto Leonardi Kramajaya mengharapkan dan meminta kepada masyarakat agar mematuhi aturan dalam berlalu lintas saat berkendara di jalan raya.

"Setiap operasi rutin atau operasi terpadu yang dilaksanakan Satlantas Polres Barito Utara masih banyak masyarakat atau pengendara yang tidak atau belum mematuhi aturan berlalulintas dan melakukan pelanggaran, sehingga diberikan sanksi tilang," kata Kasat Lantas, disela-sela operasi rutin di Muara Teweh, Kamis.

Menurut dia, dalam operasi tersebut, pemberian sanksi tilang bukan untuk polisi, hal itu untuk memberikan teguran kepada pengendara agar bisa tertib dalam berlalu lintas. Karena kecelakaan terjadi berawal dari adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara.

Zulyanto juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melaksanakan operasi patuh. 

"Dalam kegiatan ini bukan kami mengejar target tilang, tetapi patuhnya masyarakat akan aturan lalu lintas ini yang akan dikejar," katanya. 

Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan akan dipromosikan lagi terkait dengan operasi hunting maupun sesioner untuk membuat masyarakat tertib  berlalu lintas. 

"Operasi patuh ini merupakan operasi giat rutin," ucapnya.

Dia juga mengharapkan, kepada para pengendara menggunakan helm dan selalu diklik kunci pengamannya, begitu pula yang membawa kendaraan roda empat agar menggunakan sabuk pengaman. Karena dengan dikuncinya helm dan pemakaian sabuk pengaman mampu mencegah fatalitas dalam kecelakaan.

"Karena mengunci sabuk pengaman dan helm merupakan hal yang sepele, namun manfaatnya sangatlah besar yakni mencegah fatalitas kecelakaan yang dapat menyebabkan meninggal dunia," jelas dia.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar