Peserta SMN Sumsel ingin menjadi orang berpengaruh di Indonesia

id Smn, siswa mengenal nusantara, angkasa pura 2, angkasa pura II, palangka raya, kalteng, kalimantan tengah, sumatera selatan, sumsel, palembang, bela n

Para peserta SMN Sumsel tampak bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan bersama TNI di Palangka Raya, Jumat, (16/8/2019). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Usai mengikuti rangkaian kegiatan bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI), para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Sumatera Selatan, semakin bersemangat untuk meraih cita-cita yang mereka miliki.

Salah satunya adalah Thesa Fitriani, ia mengaku mendapatkan banyak manfaat selama berkegiatan dengan TNI, baik berupa penambahan wawasan hingga ilmu pengetahuan baru. Termasuk semangat untuk meraih cita-cita yang dimiliki.

"Karena badan saya kecil, jadi tidak memungkinkan menjadi seorang TNI. Namun saya ingin menjadi seseorang yang berpengaruh di Indonesia, baik dalam hal perekonomian maupun pertahanan negara," tegasnya di Palangka Raya, Jumat.

Rangkaian yang ia dan peserta lainnya ikuti memang menguras tenaga, namun hal itu tak dirasakan sebagai beban, karena semuanya sangatlah menyenangkan dan menarik. Selain peningkatan ragam pengetahuan, mental mereka juga turut diperkuat.

Sementara itu, peserta SMN Sumsel lainnya Syarif Hidayat juga mengungkapkan hal serupa, yakni banyaknya manfaat yang dirinya terima selama mengikuti rangkaian kegiatan di Palangka Raya, khususnya bersama TNI.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya dan merupakan kesempatan bagus, sebab saya memiliki cita-cita ingin menjadi anggota TNI atau pun Polri," ungkap siswa asal SMA Negeri 1 Lubuk Linggau tersebut.

Syarif mengaku, selama kegiatan dirinya mendapatkan banyak pencerahan, termasuk tentang bela negara. Bela negara tak hanya dilakukan saat terjadinya peperangan, namun juga diwujudkan dalam banyak hal lainnya.

Ia pun berjanji, akan mengikuti seluruh kegiatan SMN hingga tahap akhir dengan baik, sehingga ilmu pengetahuan yang didapat juga benar-benar optimal. Agar setelah selesai dan kembali pulang, ia bisa membagikan pengalaman positifnya itu kepada teman-temannya.

Selama kegiatan bersama TNI sejak 15-16 Agustus 2019, peserta SMN Sumsel diberikan pengetahuan tentang bela negara, wawasan kebangsaan dan lainnya yang berkaitan. Mereka juga diajari cara menghadapi berbagai serangan yang dapat mengancam ideologi hingga konflik nyata.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar