Empat BUMN serahkan bantuan Rp2,35 miliar di Lombok

id BUMN,Mataram,Empat BUMN serahkan bantuan Rp2 miliar di Lombok

Empat BUMN serahkan bantuan Rp2,35 miliar di Lombok

Direktur Utama PT ASABRI Letjen TNI (Purn) Sonny Widjaja (kanan empat), Direktur Utama PT ASDP Indonesia Fery, Ira Puspadewi (kanan lima), Direktur Utama PT ITDC, Abdulbar M. Mansoer, dan Direktur Trading dan Property PT Sarinah, Indyruwani Asikin Natanegara (kiri dua), secara bersama-sama menyerahkan bantuan program BUMN Hadir Untuk Negeri senilai Rp2,35 miliar, usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, di area Bandara Selaparang, Kota Mataram, Sabtu (17/8/2019). (ANTARA/Awaludin)

Mataram (ANTARA) - PT ASABRI (Persero) bersama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, PT ASDP Indonesia Fery, dan PT Sarinah, menggelar upacara peringatan ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, dirangkaikan penyerahan bantuan Rp2,35 miliar di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu.

Penyaluran bantuan tersebut sebagai bentuk sinergi BUMN dalam melaksanakan program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) pada 2019, di Pulau Lombok, NTB.

Bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT ASABRI (Persero) Letjen TNI (Purn) Sonny Widjaja, Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Fery, Ira Puspadewi, dan Direktur Trading dan Property PT Sarinah, Indyruwani Asikin Natanegara.

Direktur Utama PT ASABRI, Sonny Widjaja menyebutkan, bantuan senilai Rp2,35 miliar tersebut dialokasikan untuk membiayai kegiatan bedah rumah yang tidak layak huni di Pulau Lombok. Ada 10 unit rumah yang direnovasi.

"Ini merupakan bentuk kepedulian BUMN untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dasar hidup, khususnya di bidang perumahan," katanya.

Selain bedah rumah, kata dia, sinergi empat BUMN di Pulau Lombok, juga memberikan bantuan elektrifikasi bagi warga yang berada di Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

Bantuan lainnya diberikan kepada 25 siswa teladan berupa beasiswa masing-masing sebesar Rp5 juta.

Ada juga bantuan pembangunan 20 unit kamar mandi, cuci dan kakus (MCK), serta penyediaan instalasi air bersih di dua titik.

Sonny mengatakan sinergi ASABRI dengan tiga BUMN lainnya di Pulau Lombok, juga diisi dengan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN).

Dalam kegiatan SMN tersebut sebanyak 20 siswa dari SMA dan SMK, dan tiga orang siswa disabilitas asal Nusa Tengara Barat yang diberi kesempatan untuk mengenal Provinsi Bengkulu.

Pihaknya berharap dari rangkaian kegiatan BHUN di Pulau Lombok, dapat bermanfaat dan makin menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara.

"Kegiatan tersebut juga merupakan wujud nyata hadirnya BUMN di tengah-tengah masyarakat.

Menurut dia, peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan hari yang istimewa dan saat yang tepat untuk mengisi kemerdekaan dengan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

BUMN yang merupakan korporasi kepanjangan tangan pemerintah, telah membuktikan diri turut berkontribusi ikut serta dalam memajukan bangsa.

Salah satunya, melalui program BHUN. Melalui program tersebut BUMN hadir di seluruh pelosok Nusantara untuk berupaya mensejahterakan bangsa ini.

BHUN merupakan program Kementerian BUMN yang bertujuan untuk memperkuat perekonomian bangsa dan mendorong agar BUMN di Indonesia, dapat memberikan sumbangsih terbaik bagi negeri dan rakyat Indonesia.

Kementerian BUMN, lanjut Sony, telah melaksanakan program BHUN secara berkesinambungan sejak 2015.

"Kegiatan BHUN tersebut sebagai wujud komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia, kepada masyarakat di seluruh pelosok negeri," katanya.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar