Mantapkan kedaulatan Indonesia pada HUT kemerdekaan, kata Bupati Barsel

id Pemkab barsel, barito selatan, buntok, hut ri, kemerdekaan,Eddy raya samsuri

Mantapkan kedaulatan Indonesia pada HUT kemerdekaan, kata Bupati Barsel

Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri menyerahkan bendera merah putih kepada salah seorang anggota paskibraka di Buntok, Sabtu, (17/8/2019). (Foto Istimewa)

Buntok (ANTARA) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah Eddy Raya Samsuri memimpin upacara peringatan detik-detik proklamasi HUT ke-74 kemerdekaan RI di halaman kantor bupati setempat.

“Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, kita jadikan tonggak sejarah dan semangat untuk terus bersatu memantapkan kedaulatan Indonesia menjadi negara yang bermartabat dengan berkepribadian Pancasila,” katanya di Buntok, Sabtu.

Ia mengajak masyarakat Barsel untuk menguatkan diri sebagai benteng Pancasila, serta harus terus bangkit untuk memajukan kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut, ke arah yang lebih baik lagi.

Melalui persatuan dan kesatuan pihaknya meyakini, bisa mewujudkan keinginan itu. Dengan momentum HUT RI, hendaknya masyarakat lebih menghargai jasa-jasa para pahlawan, dalam memperjuangkan kemerdakaan dari tangan penjajah.

"Sesuai dengan tema ‘sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia maju’. Marilah kita tingkatkan SDM, agar bisa berperan lebih banyak lagi dalam pembangunan," jelasnya.

Ia berharap, dengan dianggarkannya dari APBN untuk pendidikan, yakni sekitar Rp500 triliun bisa meningkatkan SDM tidak hanya dipusat, namun daerah-daerah khusunya Barsel.

“Ini menjadi acuan kami untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa, agar bisa mewujudkan generasi muda yang unggul dan berprestasi untuk nusa dan bangsa,” ucapnya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih, jangan sampai ada sampah berserakan. Juga lestarikan lingkungan dan jangan sampai ada kebakaran hutan dan lahan.

Dalam kegiatan itu, Ketua sementara DPRD Barsel Farid Yusran membacakan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. 

Upacara diikuti ratusan peserta yang terdiri dari pelajar, PNS, TNI dan Polri, serta peserta lainnya dari berbagai kalangan. Menandai detik-detik proklamasi sirene terdengar di halaman kantor bupati setempat.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar