Kloter pertama jamaah haji tiba di Tanah Air

id Jamaah haji, haji pulang ke tanah air, kloter pertama jamaah haji surabaya

Arsip Foto - Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sarbini, anggota rombongan Kelompok Terbang I Jamaah Haji dari Balikpapan, sujud syukur begitu menjejakkan kembali kakinya di darat setelah penerbangan 18 jam dari Bandara King Abdul Aziz di Jeddah, Saudi Arabia. Selain sebagai polisi, AKP Sarbini juga dikenal sebagai ustaz atau peceramah agama Islam. novi abdi/Antara (novi abdi/Antara) (novi abdi/Antara/)

Surabaya (ANTARA) - Jamaah haji dalam kelompok terbang (kloter) pertama debarkasi Surabaya asal Kabupaten Magetan mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo pada Minggu sekitar pukul 03.35 WIB.

Menurut Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Jamal, mengatakan bahwa dari bandara, jamaah haji menuju ke Asrama Haji Sukolilo pada pukul 05.00 WIB.

Setibanya di Asrama Haji, jamaah menjalani beberapa proses sebelum kembali ke daerah masing-masing, antara lain pengecekan dokumen oleh petugas imigrasi, pemeriksaan suhu tubuh oleh tim kesehatan, serta penyerahan air zam zam.

"Setiap orang diberikan lima liter air zam zam dan butuh waktu sekitar dua jam untuk memproses segala kelengkapan dokumen dan lain-lain," katanya.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya mengizinkan penjemputan jamaah haji secara massal di Asrama Haji menggunakan kendaraan dan mengatur pengamanannya.

"Untuk yang dijemput secara massal, diimbau menggunakan kendaraan massal seperti bus, yang langsung masuk asrama," katanya.

Pada Minggu, jamaah haji dalam kelompok terbang dua asal Kabupaten Ngawi, Ponorogo dan Surabaya serta kelompok terbang tiga dari Kabupaten Ponorogo juga dijadwalkan tiba di Tanah Air.
 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar