Relawan PKS Kalteng ikut padamkan kebakaran lahan

id Pks kalteng, relawan pks kalteng padamkan api, karhutla, kabut asap

Relawan PKS Kalteng ikut padamkan kebakaran lahan

Ketua Umum DPW Kalteng Heru Hidayat (kanan) bersama tim melakukan pemadaman kebakaran lahan di Kota Palangka Raya, Minggu, (18/8/2019). (Foto Istimewa)

Palangka Raya (ANTARA) - Relawan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Tengah turut melakukan pemadaman Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang sampai saat ini masih marak terjadi di sejumlah lokasi di Kota Palangka Raya, Kalteng.
 


 “Dalam kondisi bencana kebakaran lahan atau hutan saat ini yang harus kita lakukan adalah kebersamaan semua pihak untuk turut serta dalam mengatasinya,” ujar Ketua Umum DPW PKS Kalteng, Heru Hidayat kepada Antara di Palangka Raya, Minggu.


 


Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah PKS Kalteng, Heru Hidayat dan sejumlah kader partai itu pun terlibat langsung dalam pemadaman lahan dan hutan di wilayah Kota Palangka Raya.


 


Hal ini, kata Heru, menjadi penting karena partisipasi semua pihak dan masyarakat jauh akan menjadi lebih efektif. Terutama dengan terlibat langsung membantu dalam penanganan kebakaran bersama pemerintah dan berbagai pihak.


 


Menurut dia, yang perlu dilakukan untuk jangka panjang adalah partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan bersama dan juga elemen lainnya. Sehingga di masa datang tidak lagi terjadi kebakaran yang sama. 


 


Pemerintah sebaiknya juga memfasilitasi model partisipasi masyarakat tersebut agar bisa terkoordinasi secara baik pada tingkat pelaksanaan di lapangan.


 


 Selain itu kita mengupayakan do'a dan sholat Istisqo meminta hujan kepada Allah SWT agar bisa mengatasi kondisi yang kebakaran lahan dan hutan di Kalimantan Tengah.


 


“Apresiasi kepada semua pihak yang terus berupaya saling membantu proses pemadaman dengan berbagai peralatan yang ada,” tambahnya.


 


Seperti yang telah dilakukan pemerintah pusat, TNI/Polri, BPBD provinsi/kabupaten/kota, tim serbu api (TSA) swadaya masyarakat, lembaga masyarakat, NGO dan Relawan PKS, untuk meminimalisir terjadinya kebakaran yang lebih luas maupun kabut asap yang lebih pekat.


 


Begitu pula upaya yang telah dilakukan banyak kalangan yang turut serta membantu seperti pembagian masker kepada masyarakat.


 


 “Semuanya itu adalah gerakan empati dan kepedulian kepada masyarakat yang terkena dampak dari asap berbahaya yang terjadi dalam beberapa bulan ini,” jelas Heru yang juga mantan anggota DPRD Kalteng ini.