PKK Barito Utara gelar pelatihan inovasi masak serba ikan

id pelatihan inovsi serba ikan di barut,pkk barito utara,ketua tp pkk sri hidayati,makan serba ikan

PKK Barito Utara gelar pelatihan inovasi masak serba ikan

Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati (tengah) mengolah makanan dari bahan ikan pada pelatihan inovasi masak serba ikan di Muara Teweh, Selasa (20/8/19) (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah,  bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan setempat menggelar pelatihan inovasi masak serba ikan.

Kegiatan ini guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masak menu serba ikan, khususnya bagi ibu-ibu tim penggerak PKK di sembilan kecamatan, kata Ketua TP PKK Barito Utara HJ Sri Hidayati di Muara Teweh, Selasa. 

Menurut dia, konsumsi pangan yang baik dapat di wujudkan apabila konsumsi makan sehari-hari dilakukan dengan cara tepat, mengandung zat bergizi lengkap sesuai kebutuhan tubuh dengan praktek membuat masakan olahan dari ikan dan berbagai aneka ragam pangan lokal. 

"Semoga dengan adanya pelatihan dan penyuluhan ini diharapkan dapat memantapkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian sumberdaya alam dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah," katanya. 

Selain itu, Ketua TP PKK juga mengharapkan dengan kegiatan yang dilakukan, dapat memasyarakat betapa pentingnya konsumsi pangan beragam, berisi, seimbang dan aman serta  masyarakat gemar menkonsumsi ikan. 

Sri Hidayati  yang juga istri Bupati Barito Utara Nadalsyah  ini  gemar memasak, pada kesempatan tersebut menjadi "koki" dengan kolaborasi dari para narasumber. Hal ini tentunya menjadi motivasi lebih kepada para peserta pelatihan, dimana mereka melihat secara langsung praktek memasak yang diperagakan oleh isteri orang nomor satu di Kabupaten Barito Utara. 

"Sebagai ibu rumah tangga, kita harus bisa memberikan perhatian lebih kepada keluarga. Terutama dalam hal mengolah masakan, kita harus bisa menyajikan menu makanan yang bergizi kepada keluarga tercinta," kata Sri Hidayati.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Barito Utara Sugeng menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan inovasi masak serba iIkan dan pelatihan pangan lokal B2SA (Beragam, Berisi, Seimbang dan Aman ) daerah ini merupakan salah satu upaya pembinaan kepada Ibu-ibu Tim Penggerak PKK 9 Kecamatan di Kabupaten Barito Utara dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masak menu serba ikan. 

Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama sehari yang diikuti oleh 27 peserta berasal dari 9 Tim Pengerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Barito Utara. 

"Untuk narasumber yang memberikan pelatihan inovasi masak serba ikan yaitu Tri Rasniati dari Guru Tata Boga SMKN 3 Palangka Raya, Irna Normiati dari Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara dan  Cica Riyani dari Dosen Politeknik Muara Teweh," jelas Sugeng. 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar