Dua pekan lagi, jemaah haji Bartim tiba di Banjarmasin

id Pemkab bartim, pemerintah kabupaten, barito timur, tamiang layang, haji, jemaah haji, embarkasi banjarmasin

Dua pekan lagi, jemaah haji Bartim tiba di Banjarmasin

Ilustrasi-Jemaah haji melakukan sujud syukur setibanya di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Sebanyak 360 haji kloter pertama asal Kabupaten Sukoharjo kembali ke tanah air. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Tamiang Layang (ANTARA) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah Khairul Anwar mengatakan, jemaah haji asal kabupaten setempat akan tiba di Embarkasi Haji Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 4 September 2019 mendatang.

"Sekitar dua pekan lagi atau pada 4 September 2019, karena pada 25 Agustusnya nanti mereka rencananya diberangkatkan ke Madinah untuk persiapan pulang ke Indonesia," katanya saat dihubungi dari Tamiang Layang, Selasa.

Sedangkan pemberangkatan jemaah haji dari Bandara King Abdul Aziz di Madinah menuju Indonesia, yakni pada 3 September 2019 dan tiba di Bandara Syamsudinor Banjarmasin keesokan harinya, yakni pada 4 September.

Kondisi jemaah haji setelah melaksanakan berbagai kegiatan ibadah, saat ini dalam keadaan sehat. Begitu pula ketika melaksanakan wukuf di Arafah, walaupun ada hujan saat di Arab Saudi.

Khairul menginformasikan bahwa kondisi jemaah haji Barito Timur dalam kondisi sehat, hal itu sesuai informasi dari petugas yang mengawal jemaah haji Barito Timur pada kelompok penerbangan atau kloter 10.

Rencananya, pihak Kementerian Agama Barito Timur akan mengikuti rapat koordinasi penjemputan jemaah haji pada Kamis (22/8) di Palangka Raya. Hal ini untuk memastikan waktu kedatangan jemaah haji dan sistem penjemputannya.

"Dari hasil rapat nanti akan diketahui waktu pasti, kedatangan jemaah haji di embarkasi Banjarmasin. Kami juga berharap mereka tiba tepat waktu dan dalam kondisi sehat semua," jelas Khairul Anwar kepada ANTARA.

Jemaah haji yang tiba di embarkasi Banjarmasin akan dijemput menggunakan angkutan yang disediakan Pemerintah Kabupaten Barito Timur.

Pihaknya juga meminta doa dari keluarga dan secara umum warga Barito Timur, agar jemaah haji tidak mendapatkan kendala dalam perjalanan pulang ke Indonesia, hingga tiba di Tamiang Layang dalam kondisi sehat tanpa kekurangan suatu apapun.